Viral di Internet, Video Gyro Drop Ekstrem Ternyata Rekayasa

Share this Article

Kamu pasti tahu video viral gyro drop ekstrem yang viral di media sosial. Atraksi yang bikin deg-degan saat melihatnya itu diketahui berasal dari Korea Selatan.

Gyro drop di dalam video itu memang sangat menguji nyali. Pertama, kamu akan dibawa naik secara perlahan, lalu ditengah-tengah kamu akan terlempar ke bawah dan dibawa berputar.Belum cukup sampai disitu, kamu dibawa ‘jatuh’ dengan kecepatan tinggi.

Usut punya usut, ternyata video viral itu fake alias palsu. Dilansir dari CNN, Senin (17/6/2019), wahana permainan itu memang ada dan nyata di Lotte World, salah satu taman bermain di Korea Selatan, namun kapabilitasnya tidak segahar di video yang viral.

Realitanya, gyro drop ini hanya memiliki tinggi 70 meter dan membawa orang turun dengan kecepatan 100 km/jam.

Orang yang menaikinya difasilitasi dengan kacamata VR (virtual reality), sehingga membuat sensasi menaiki wahana jadi lebih menegangkan dan ekstrem, hanya itu. Tidak ada ayunan mengerikan yang berputar di atas menara.

Sebagai perbandingan, coba tengok video atraksi gyro drop di Lotte World yang asli ini:

ebuah video baru-baru ini muncul di linimasa Instagram. Video itu menampilkan bos Facebook, Mark Zuckerberg yang sedang memberikan pandangannya tentang kekuatan big data.

“Bayangkan hal ini sebentar saja: satu orang, dengan kendali penuh menguasai data, rahasia, hidup dan masa depan miliaran orang. Itu semua berkat Spectre. Spectre menunjukkan padaku siapa pun yang menguasai data akan menguasai masa depan,” demikian bunyi pernyataan tersebut. Tapi, bukan itu yang menarik perhatian warganet. Video yang memperlihatkan bos Facebook itu tidak memperlihatkan sosok aslinya, melainkan hanya video deepfake.

Dilansir CNET, Kamis (13/6/2019), deepfake adalah teknik AI (artificiall intelligence) untuk membuat video seseorang mengatakan sesuatu meski mereka tidak pernah mengatakannya.

Dengan kata lain, video deepfake punya banyak celah untuk disalahgunakan.

Sumber: liputan6

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *