Indahnya Danau Terdalam di Asia Tenggara Yang Dihuni Ikan Purba, Bikin Pingin…

Share this Article

Mungkin siapa pun yang pernah mengunjungi tempat ini pasti tertambat hatinya. Pasti rasa penasaran akan datang kembali, begitu juga pesona Danau Matano indah ini yang memanjakan kita melihat indahnya alam.

Apalagi ditambah air danau yang benar-benar bening, bahkan sanking beningnya pengunjung dapat melihat kedalam danau mencapai 20 meter. Menariknya, bagi para penyelam pasti akan menghadirkan cerita indah ketika berpetualang ke Danau Matano.

Tak cuma itu, danau ini juga dikelilingi beberapa gua yang bisa ditelusuri, pengunjung akan di hipnotis oleh peninggalan benda masa lampau, seperti tombak, mangkuk, parang, dan piring yang sudah ratusan tahun, mungkin kalau sudah berada di dalam rasanya kembali seperti zaman purba.

Danau Matano merupakan sebuah perairan tektonik yang berukuran panjang 28 kilometer serta lebar 8 kilometer yang berasal di Sulawesi Selatan, tepatnya di pulau Sulawesi, kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur.

Tempat ini juga disebut sebagai rumah untuk sejumlah fauna eksotis, seperti ikan purba butini, keong air tawar, dan kepiting bingka. Kenapa disebut hewan purba? Karena salah satu ikan di sana diberi julukan ikan purba yang memiliki warna kecokelat-cokelatan hingga bentuknya untuk seperti binatang purba zaman dulu.

Pengunjung juga akan dimanjakan oleh penampakan burung endemik Matano yang memiliki ciri khas terbang dipermukaan rendah, bahkan yang bikin memuaskan mata burung ini seperti panggul kelabu yang berukuran mini. Pokonya, asik deh! Ditambah pemandangan ikan kecil yang berwarna kuning menyala-nyala ketika malam hari, bikin penasaran bukan?

Menurut dari beberapa penelitian, danau ini terbentuk karena adanya bentukan alam yang terjadi di Sorowako. Danau ini merupakan danau yang serupa dengan Laut Mati di Lembah Jordan, Mesir dan Death Balley, Amerika Serikat.

Bagaimana? Apakah setelah membaca ulasan ini, kamu masih berdiam diri atau penasaran hingga kamu akan berkunjung. Tulis komentarmu.

Sumber: berbagai sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *