Jagung ‘Pelangi’ Dengan Bermacam Warna Tumbuh di Cianjur

Share this Article

Penampakan unik di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sukses menanam perlahan yang ditumbuhi jagung. Namun, jagung ini terlihat bukan biasanya loh, karena ada beberapa macam warna ‘pelangi’.

Petani bernama Luki Lukman Hakim, sudah lama menjadi petani jagung di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenung. Menikmati hasil panen jagung berpuluh-puluh ton dengan bervariasi warna.

Hakim terjun ke dunia pertanian sejak 2000, awalnya mencoba komoditas sayuran. Terpikir lebih, lalu ia mencoba keberuntungannya dengan menanam jagung ‘pelangi’ di atas permukaan tanah dengan luas tiga hektare yang disewanya.

“Awalnya cuma 100 batang tanamanan jagung dengan warna standar, kuning, merah, hitam dan putih. Itu juga di tanam dekat gundukan tanah berbatasan antara lahan pertanian sayur yang saya tanam,” kata Hakim.

Hakim juga menanam jagung bukan satu butiran saja, tapi beragam warna ia tanam misalnya kuning dan putih, ungu dengan hitam, serta merah dan jingga. Setelah mencoba eksperimen itu, hasil tanamnya berbuah manis karena jagung-jagung itu tubuh bermacam warna.

“Saat ini banyak berbagai motif dan warna, satu tongkol bahkan terdapat warna yang berbeda,” ujar hakim.

Menariknya, jagung unik ini diburu oleh orang-orang di tahun 2019, dari warga Cianjur hingga dari luar kota bahkan luar provinsi tak jarang berdatangan demi melihat jagung ‘pelangi’ serta memebelinya untuk dikonsumsi bahkan dijadikan pembibitan.

Karena banyaknya permintaan konsumen, Hakim yang awalnya menanam di lahan pembatas sayuran, kini agak diperluas demi lahan jagung hingga sekarang menjadi dua per tiga lahan. Sebelumnya hanya 100 batang, kini Luki sudah menanam sekitar 100 ribu batang pohon jagung ‘pelangi’.

“Dari tiga hektare, sekarang sudah dua hektare yang ditanam jagung warna-warni ini. Satu hektare bisa ditanami 50 ribu batang pohon jagung,” ucapnya.

“Rencananya yang satu hektare lahan lagi juga ditanami jagung, tapi sekarang sedang proses penghilangan zat kimia. Sebab kami ingin jagung ini jadi varietas organik,” tambah Hakim.

Bagaimana, unik bukan? Jagung dengan bermacam warna, biasanya sehari-hari kita cuma lihat jagung hanya bewarna kuning. Namun, setelah membaca ulasan ini kamu mengetahui ternyata ada bermacam warna pada jagung.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *