Bangunan Tua di Indonesia yang Angker tapi Instagramable

Share this Article

Bangunan-bangunan tua yang ada di Indonesia kebanyakan dipengaruhi oleh gaya arsitektur Belanda jaman kolonial. Kehadiran bangunan tua ini sering dianggap masyarakat sebagai tempat yang angker.

Tapi ternyata walaupun dianggap angker, bangunan-bangunan ini ternyata instagramable loh! Coba aja nih liat sendiri.

Batavia Cafe (Jakarta)

cafebatavia.com

Batavia Cafe adalah restoran yang berlokasi di Kota Tua, Jakarta, Indonesia. Cafe ini adalah salah satu landmark kolonial yang menghadap ke alun-alun Taman Fatahillah.

Bangunan ini didirikan sekitar tahun 1830-an. Tempat ini telah banyak digunakan sebagai tempat tinggal, kantor gubernur Belanda, dan gudang.

Konon, pada malam hari ada seorang Noni Belanda yang menunggu tempat tersebut.

Lawang Sewu (Semarang)

seputarsemarang.com

Lawang Sewu “Seribu Pintu” adalah landmark di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, yang dibangun sebagai markas Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda.

Nama Lawang Sewu berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Seribu Pintu”. Penamaan ini berasal dari desainnya, dengan banyak pintu dan busur. Tempat ini memiliki sekitar 600 jendela besar.

Bangunan era kolonial ini terkenal sebagai rumah berhantu, meskipun pemerintah kota Semarang telah berusaha mengubah citra rumah itu.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, banyak penampakan roh tanpa kepala di ruang bawah tanah.

Hotel Majapahit (Surabaya)

https://4always4.files.wordpress.com/

Hotel Majapahit adalah hotel mewah bersejarah yang berlokasi di 65 Jalan Tunjungan di Surabaya, Indonesia. Tempat ini telah berganti nama empat kali sejak didirikan.

Tempat ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.

Menurut cerita, di dalam ruangan tersebut sering terjadi penampakan berupa hantu noni-noni Belanda dengan menggunakan gaun dan payung berdiri tepat di sudut ruangan.

Villa Isola (Bandung)

http://bandungtempodulu.blogspot.co.id/

Villa Isola (sekarang Bumi Siliwangi) adalah bangunan art-deco di bagian utara Bandung, ibukota provinsi Jawa Barat Indonesia.

Dibangun pada 1933, Villa Isola dulunya dihuni oleh seorang orang kaya bernama Dominique Willem Berretty.

Kesaksian beberapa orang sekitar, sering terjadi penampakan Berretty bersama anaknya, Ann yang berdansa di ruangan tengah. Suara-suara mengerikan katanya sering terdengar dari luar.

Istana Maimun (Medan)

https://wikiwisata.com/

Istana Maimoon atau Istana Maimun adalah istana kerajaan Kesultanan Deli dan landmark terkenal di Medan, ibu kota Sumatera Utara, Indonesia. Saat ini, bangunan tersebut berfungsi sebagai museum.

Dibangun oleh Sultan Ma’mun Al Rashid Perkasa Alamyah pada tahun 1887–1891.

Di Istana maimun ada ruangan yang dinamakan Java Room yang dikabarkan sering terjadi penampakan berupa wanita bergaun putih yang sedang duduk sambil menangis tersedu-sedu. Konon, hantu tersebut berasal dari arwah perempuan pribumi yang dibunuh di dalam hotel tersebut pada masa penjajahan kolonial Belanda.

Terlepas dari benar-tidaknya cerita mistis tersebut, tempat-tempat di atas worth it untuk dikunjungi. Tempatnya juga instagramable loh!

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *