Wow! Bartender Pub di Jepang Berupa Robot

Share this Article

Pada umumnya bartender merupakan sebuah pekerja penyaji minuman para tamu, tapi bagaimana jika bartendernya berupa robot?

Di Jepang menyajikan minuman di sebuah pub Tokyo sebuah tes untuk mengantarkan otomatisasi di restoran. Robot industri repurposed tersebut menyajikan minumanan di sebuah pub Jepang yang dilakukan oleh sebuah restoran Yoronotaki.

Robot terpasang dengan wajah tersenyum berupa tablet sekaligus sambil menyiapkan pesanan. Perusahaan QBIT Robotics, agar menghasilkan bir dalam 40 detik serta mencampurkan koktail dalam satu menit.

Sistem yang digunakan mengontrol robot itu, terdapat empat kamera untuk memonitor pelanggan untuk menganalisis ekspresi mereka dengan perangkat lunak buatan (AI).

“Saya senang karena tidak merepotkan orang, bahkan dengan ini, kamu bisa datang dan mabuk sepuasnya,” Satoshi Harada, pengunjung restoran.

“Lebih sedikit cepat membuatnya lebih baik, jika mereka bisa lakukannya.”

Namun dengan adanya teknologi seperti itu, akan sangat mempengaruhi di sektor jasa Jepang, karena kesulitan dalam mencari pekerjaan.

Pemerintah sudah melonggarkan pembatasan visa untuk menarik pekerja asing, tapi perusahaan masih bermasalah dalam kekurangan tenaga kerja. Sebab populasi menyusut serta jumlah orang di atas 65 meningkat lebih dari sepertiga dari total.

Jadi perusahaan jasa agak merugi karena tidak dapat pindah ke luar negeri, dan lebih rentan dibandingkan perusahaan industri. Pada perawatan kesehatan saja, Jepang mengarapkan kekurangan 380.000 pekerja pada tahun 2025 mendatang.

Jepang akan menggunakan Olimpiade Tokyo 2020 pada 27 Juli serta untuk memamerkan teknologi robot layanan, recanannya penggunaan robot tersebut yang dibuat oleh Toyota Motor dan Panasonic Corp agar dapat membantu pengunjung, pekerja, dan atlet.

Uji coba tersebut akan berlangsung selama dua bulan, diikutsertakan pekerja 30, setelah itu Yoronotaki akan mengevaluasi hasilnya.

“Kami harap ini adalah sebuah jawaban, untuk mengatasi segala solusi,” kata Yoshio Momiya, manajer Yoronotaki.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *