Ubah Double “Klik” di Komputer Jadi Satu Kali, Ini Caranya

Share this Article

Terbiasa melakukan dua kali klik saat membuka file dengan mouse atau trackpad. Langkah tersebut dilakukan dalam membuka sebuah file atau folder serta mengakses sebuah aplikasi.

Apakah kamu tahu, jika dua kali klik bisa diubah menjadi satu klik saja? Tapi hal ini, hanya bisa dilakukan di Windows 10 saja loh, ini sebenarnya untuk mempermudah atau menyesuaikan dalam melakukan pekerjaan.

Dua kali klik bertujuan untuk para pengguna menghindari mengklik file atau aplikasi dengan sengaja. Tapi, sebagian pengguna pasti memilih satu kali klik karena dinilai lebih cepat.

Mengutip dari lama How To Geek, Nah, ini cara untuk merubah dua kali klik menjadi satu kali.

Masuk ke Windows Explorer

Di menu utama layar Windows 10, kemudian pilih kolom search untuk mencari file tersebut. Setelah itu, ketik File Explorer lalu pilih ikon yang muncul.

Namun, untuk kamu yang sudah terbiasa melakukan cara berbeda untuk dapat mengakses File Explorer.

Masuk ke bagian Options di File Explorer

Setelah muncul layar File Explorer, kemudian pilih menu View di bagian atas, lalu klik ikon Options yang berada di sebelah paling kanan.

Nanti setelah diklik, muncul menu dan pilih “Change Folder and Search Options“. Jika sudah diklik maka nanti akan muncul kotak dialog berisi beragam pilihan menu lain.

Kemudian Mengubah klik dobel menjadi klik satu

Kotak dialog “Folder Options” akan muncul pada bagian halaman General. Kamu akan melihat opsi double klik yang sudah dicentang, dan ubah ke opsi “Single-clik to open“.

Nah, sekarang kamu bisa membuka file atau mengakses aplikasi tanpa harus klik dua kali. Sebelumnya kamu setiap ingin membuka file atau aplikasi harus menandai terlebih dahulu, tapi sekarang cuma satu kali klik.

Gimana guys, semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk kamu yang belum tahu caranya mengubah double klik menjadi satu kali klik.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *