Twitter Secara Resmi Meluncurkan Fitur Terbaru 'Hide Replies'

Share this Article

Twitter hari ini mulai menguji perubahan yang kontroversial pada layanannya dengan meluncurkan fitur “Hide Replies” barunya. Secara efektif, opsi ini memberi pengguna kemampuan untuk merebut kembali kendali atas percakapan yang telah mereka mulai, dengan menyembunyikan balasan apa pun yang menurut mereka tidak layak dipublish misalnya, balasan yang tidak relevan atau langsung menyinggung.

Salah satu masalah dengan Twitter dan dengan banyak jejaring sosial, dalam hal ini adalah percakapan yang sehat dapat dengan mudah terganggu oleh satu individu atau sejumlah kecil orang yang tidak berkontribusi secara positif. Mereka datang untuk memulai drama atau mereka membuat pernyataan yang tidak pantas, kasar atau bahkan penuh kebencian.

Tentu saja, pengguna dapat memilih sendiri untuk Mute atau Blokir orang seperti ini, yang membatasi kemampuan mereka untuk memengaruhi user experience mereka di Twitter. Tetapi ini bukanlah menghapus komentar mereka dari pandangan orang lain. Melainkan fitur “Hide Replies” terbarunya.

Tapi hal itu tidak setara dengan tombol hapus. Dengan kata lain, balasan tersembunyi tidak sepenuhnya dihapus dari Twitter, mereka hanya ditempatkan di belakang ikon. Jika orang ingin melihat balasan tersembunyi, mereka dapat menekan ikon ini untuk melihatnya.

Tujuan Twitter dengan fitur ini adalah mendorong lebih banyak percakapan bersih di platformnya. Ini bisa berhasil, karena mereka yang ingin komentar mereka dilihat oleh khalayak luas harus menemukan cara untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang sesuai tanpa mengalihkan pembicaraan atau menggunakan penghinaan atau trolling. Kalau tidak, mereka tahu balasan mereka bisa disembunyikan dari tampilan default. Tetapi perubahan ini bisa menyebabkan kerugian yang besar.

Misalnya, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan balasan yang sederhana (dan bahkan dengan sopan!) Tidak setuju dengan pandangan mereka. Hal ini kemudian akan membuat “filter bubble” di mana hanya orang-orang yang memiliki pendapat yang sama dengan pengirim asli yang akan menampilkan komentar mereka secara jelas. Dalam hal ini, fitur tersebut akan membungkam sudut pandang lain dan itu bertentangan langsung dengan tujuan Twitter yang lebih besar untuk menciptakan portal publik di web, di mana setiap suara memiliki kesempatan untuk didengar.

Lebih mengkhawatirkan lagi, seorang pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan balasan yang berupaya memperbaiki kesalahan informasi atau menawarkan pemeriksaan fakta. Itu adalah keprihatinan yang signifikan pada saat platform media sosial telah berubah menjadi mesin penyebaran propaganda, dan telah disusupi oleh aktor-aktor yang didukung negara dari pemerintah asing yang ingin memanipulasi sentimen publik dan mempengaruhi pemilihan.

Twitter mengklaim bahwa fitur tersebut menyediakan transparansi karena balasan tersembunyi masih tersedia untuk dilihat oleh siapa saja yang ingin melihatnya. Tetapi ini mengasumsikan bahwa orang akan melihat ikon “Hide Replies” kecil dan repot untuk mengkliknya.

Kemampuan untuk menyembunyikan balasan pada awalnya hanya tersedia untuk pengguna di Kanada, tetapi tweet dengan fitur “Hide Replies” akan dapat diakses oleh semua pengguna Twitter di seluruh dunia.

Sumber: MSN

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *