Sering Tethering Data Bisa Datangkan Bahaya, Ketahuilah?

Share this Article

Sebagian banyak kini smartphone selain digunakan sebagai alat telepon, aplikasi, hingga bermain game. Namun, ada juga pengguna smartphone menggunakannya sebagai koneksi ke laptop atau tethering saat pandemi Covid-19 untuk melakukan aktivitas hanya di rumah saja.

Hal ini memang sangat memudahkan menggunakan laptop ketika tidak terhubung dengan WiFi, sehingga kamu dapat menyambungkan dengan saluran internet dari smartphone. Tapi banyak beberapa orang tak paham akan bahaya jika tethering dilakukan terus menerus.

Mengutip dari lama Tech Tips, pengguna smartphone terkadang kaget karena tagihan data selulernya membengkak akibat tethering ke laptop. Sebab, data seluler itu terus berjalan di dua perangkat yang terhubung, selain itu ponsel juga akan cepat panas sehingga baterai terkuras.

Ternyata bila ponsel digunakan sebagai router, ada celah kebocoran data pribadi loh. Loh kok bisa? Hmm… namanya juga hacker jadi bisa pasti jago-jago, kan!

Mau nggak mau kamu harus mengizinkan memberi tahu password kepada teman atau orang kepercayaan, sebelum masuk ke tethering kamu. Meski begitu, kamu juga harus rajin mengecek perangkat siapa saja yang masuk ke daftar tethering , jangan sampai pembajak hotspot, jika ada yang mencurigakan segeralah matikan hotspot seluler.

Yang terpenting, jangan gunakan kata sandi yang sama, coba setiap seminggu atau sebulan sekali kamu ganti. Nantinya jika kamu membiarkan password sama hingga bertahun-tahun, maka kalau ada teman melihat hotspot kamu menyala, otomatis itu akan menyambung ke hotspot kamu.

Nah, itulah banyak yang orang tak menyadari karena tanpa diketahui mereka yang sebelumnya masuk ke hotspot kita otomatis melanjutkannya. Bahkan kalau kita tak mengecek siapa saja yang ada di hotspot, bisa-bisa data sesuler kita tersedot oleh beberapa ponsel.

Apakah kamu pernah merasakan, data kamu hilang tiba-tiba karena tethering data untuk teman. Itulah, kamu tak sadar karena sebelumnya temanmu sudah masuk ke hotspot kamu, lalu melanjutkan dan kamu tak menyadari bahwa pengguna hotspot kamu ternyata lebih dari satu.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *