Bunyi Rem Motor Berdecit Bikin Risih? Atasi Dengan Cara Ini…

Share this Article

Pasti kamu terasa risih, mengendarai sepeda motor saat kita menggunakan rem keluar bunyi berdecit, penyakit motor ini juga dirasakan ketika terjadi musim hujan.

Rem pada motor itu perannya sangat penting, karena untuk pengendalian laju tetap terjaga demi tidak terjadinya kecelakaan. Jika sudah ada tanda-tanda seperti ini dimotor kamu, maka segeralah mengecek dibengkel terdekat untuk melakukan perawatan agar rem bisa digunakan dengan stabil serta senantiasa dalam keadaan maksimal.

Harus kamu ketahui ya guys, rem yang mengeluarkan bunyi berdecit itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, loh! Kamu bisa lihat beberapa masalah pada rem yang berdecit, serta memiliki penanganan yang berbeda, yuk simak.

Kampas rem kotor

Bunyi yang ada pada sepeda motor bisa disebabkan karena kampas rem kotor, bisa dari debu dan air yang masuk ke celah kampas sehingga menyebabkan keluar suara berdecit.

Kamu juga tak perlu khawatir, karena suara berdecit dapat dihilangkan dengan cara membongkar kampas rem dan membersihkannya dengan menggunakan amplas halus. Kemudian setelah di amplas, semprot pakai kompresor untuk menghilangkan bekas kotoran, atau bisa juga di lap saja.

Piringan sudah tipis

Setiap sepeda motor memiliki cakram, tapi jika piringan sudah tipis (bengkok) maka ketika melakukan pengereman akan mengeluarkan suara berdecit. Pasti kamu bertanya, kenapa kok bisa piringan cacat? Nah bisa saja, karena kamu mengganti kampas rem terlambat sehingga menyebabkan pergesekan besi kampas karena sudah habis dengan besi piringan (sehingga pergesekan itu bikin rusak piringan).

Kalau sudah kejadian, dan piringan cakram kamu bengkok, mau nggak mau harus dibawa ke bengkel pres, atau lem biru (lempar beli baru) hehe…

Kampas rem slip

Nah yang terakhir, menekan rem terus menerus itu bisa menyebabkan kampas rem selip, loh. Kampas rem yang kamu tekan terus menerus akan mengeras sehingga bisa-bisa kurang pakem ketika digunakan, dan bisa menimbulkan bunyi.

Paling kalau sering menekan rem, ya resikonya lakukan pergantian kampas rem secara teratur.

Itulah beberapa ulasan mengenai suara berdecit dari sepeda motor, semoga bermanfaat dan utamakan keselamatan.

Sumber: berbagai sumber 

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *