Mencatatkan Sejarah! Astronot Perempuan Tanpa Kru Laki-Laki

Share this Article

Christina Koch dan Jessica Meir mencatatkan sejarah menjadi Astronot perempuan Amerika Serikat. Pada Jumat Oktober 2019, mereka secara berbarengan meluncur keluar stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Mengutip dari SCMP pada Jumat (18/10), menanggapi terobosan ini, spacewalker wanita pertama, Kathy Sullivan mengungkapkan rasa gembiranya dan menyatakan rasa bangganya lantaran pada akhirnya NASA mempunyai cukup wanita di korps astronaut untuk dilatih melakukan spacewalk.

“Kami memiliki wanita yang memenuhi syarat untuk menjalankan kontrol, menjalankan pusat ruang angkasa, memimpin stasiun, menjadi kapten pesawat ruang angkasa, serta melakukan perjalanan ruang angkasa. Dan astaga, mulai sekarang, akan ada lebih dari satu wanita di tempat yang sama (di stasiun luar angkasa),” ucap Sullivan.

Senada dengan Sullivan, spacewalk wanita NASA lainnya, Tracy Caldwell Dyson menambahkan bahwa apa yang tengah dilakukan oleh Koch dan Meir kali ini adalah hal yang normal pada zaman sekarang. Pujian juga datang dari administrator NASA, Jim Bridenstine yang menyaksikan acara besar itu langsung dari kantor pusat NASA di Washington.

“Kami memiliki orang yang pas untuk melakukan pekerjaan yang tepat dan pada waktu yang tepat pula. Mereka (Koch dan Meir) adalah inspirasi bagi orang-orang di seluruh dunia termasuk saya. Dan kami sangat bersemangat untuk menjalankan misi ini,” ucap Bridenstine.

Mengudara ketinggian 408 diatas permukaan bumi Koch dan Meir memperbaiki listrik pada ISS hingga berlangsung selama lima jam lebih.

Sempat berniat untuk melepas dua orang untuk melakukan spacewalk, namun batal disebabkan baju antariksa yang tidak muat untuk salah satu astronot.

Telah melaksanakan 211 spacewalk, diantaranya 43 spacewalk astronot perempuan. Itu dilakukan sejak stasiun beroperasi pada 2000 Astronot di ISS.

Koch menyatakan akan jadi astronot perempuan paling lama di ISS, kabarnya ia kembali ke Bumi pada Februari 2020.

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *