Keren! Singapura Ciptakan Aplikasi Lacak Penderita Virus Corona

Share this Article

Baru-baru ini Singapura meluncurkan aplikasi yang dapat melacak kontak ponsel yang kemungkinan bisa mengidentifikasi orang terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Wah, keren dong. Jika aplikasi itu benar-benar sanggup mendeteksi penderita Corona.

Mengutip dari lama Reuters, aplikasi ini adalah TraceTogether yang berfungsi untuk menukar sinyal Bluetooth dengan jarak pendek antara smartphone guna mendeteksi pengguna lainnya yang terpapar virus Corona dalam jarak dua meter.

Cara kerja aplikasi ini adalah merekam setiap pertemuan lalu disimpan secara lokal di setiap ponsel dengan aplikasi Corona ini yang dikembangkan oleh Badan Teknologi Pemerintah Singapura (GovTech) dan Kementerian Kesehatan.

Selanjutnya pada pengguna diminta untuk mengirim log saat diminta oleh kementerian kesehatan negara setempat. Dengan adanya ini, Singapura telah mendapatkan pujian karena sudah menerapkan teknologi dalam menanggulangi virus ini.

Lebih hebatnya lagi, pemerintah Singapura menggunakan penyedik polisi serta kamera keamanan untuk membantu melacak orang yang terpapar Covid-19. Duh, coba sistem begini di Indonesia ada ya, pasti membantu banget!

Meski aplikasi ini menyimpan data lalu akan di enkripsi tapi pengguna tidak perlu khawatir. Aplikasi ini juga sudah menjamin untuk tidak mengakses informasi lain, seperti lokasi pengguna.

“Aplikasi ini sangat menjaga privasi pengguna, jadi tidak perlu khawatir,” ujar Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura, Janhil Puthucheary.

Meski tidak ada kewajiban mengunduh aplikasi ini, tapi pemerintah Singapura mendorong masyarakat untuk melakukannya. Kedepannya fungsionalitas aplikasi TeaceTogether akan ditangguhkan usai epidemi virus Corona ini mereda.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *