Kenapa Ada Loading Screen?

Share this Article

Kalau kamu pernah memainkan sebuah game, pasti kamu tahu bahwa ada yang namanya loading screen.

Loading screen ada yang sebentar tapi ada juga yang lama.

Tapi pernahkah kamu bertanya kenapa loading screen ada? Lalu apa yang sebenarnya terjadi ketika loading screen ditampilkan?

Loading Screen

Loading Screen adalah halaman pertama yang biasanya kamu lihat saat pertama kali video game dijalankan.

Kalau kamu menyukai video game, maka kamu pasti tahu bahwa loading screen tidak harus berupa gambar yang statis.

Beberapa loading screen menampilkan hitungan waktu mundur atau progress loadingnya untuk menampilkan jumlah data yang dimuat.

Loading screen juga biasanya digunakan untuk memberikan informasi penting tentang tahap / tantangan yang akan datang, menyampaikan tips dan trik terkait game atau untuk membuat pengguna terhibur ketika game dimuat.

Apa yang terjadi di belakang layar saat game dimuat?

Ini sepenuhnya tergantung pada game yang dimaksud, karena permainan yang berbeda punya pendekatan yang berbeda.

Rule of thumbnya adalah semakin bagus kualitas video (grafis) dan audio maka semakin lama game akan dimuat.

Hardware juga berpengaruh besar dalam kecepatan memuat game.

Saat developer membuat dan menguji gamenya, mereka harus mencari cara yang paling efisien untuk mengemasnya untuk para pemain.

Makanya mereka ‘memecah’ game menjadi beberapa bagian dan mengompresnya. File ZIP dan JAR adalah contoh hasil kompresannya.

Sebelum permainan dimulai, data dipindahkan dari hard disk ke memori komputer (RAM) dan memori video card.

Kemudian data didekompresi dari formatnya, yang secara komputasi sulit diakses ke dalam format yang dikompres.

Lalu engine akan men-generate, tekstur geometri dan struktur penting lainnya dari template atau melalui beberapa algoritma yang telah dibuat.

Selain itu, jika gamenya adalah game online, data lokal akan disamakan dengan server kemudian diunduh jika terdapat perbedaan (dilakukan sinkronisasi) kemudian akan banyak hal lain yang dilakukan tergantung pada game dan kemampuan perangkat keras mesin lokal kamu serta kecepatan internet.

Ada juga beberapa game (terutama pada smartphone) yang tidak melakukan proses apa-apa untuk sementara waktu (idle) yang memungkinkan mereka untuk menampilkan iklan kepada pemain selama waktu tersebut.

Ketika semua telah ‘dimuat’ sepenuhnya maka saat itulah permainan dapat dimulai.

Singkatnya, game akan dimuat ke dalam memori komputer setelah beberapa langkah dalam waktu tertentu (beberapa detik hingga beberapa menit).

Namun, dengan processor yang semakin cepat dalam melakukan komputasi dan munculnya solid state drive (SSD) serta RAM yang berkapasitas besar dan transfer rate yang tinggi, waktu untuk memuat game semakin singkat.

Jadi, seberapa cepat game dimuat tidak hanya tergantung pada kualitas game tersebut tetapi juga pada kemampuan perangkat keras yang kamu gunakan untuk menjalankannya.

gambar

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *