Google Camera Pertebal Sistem Keamanan

Share this Article

Pengguna Android untuk meningkatkan kualitas kamera adalah dengan mengunduh aplikasi Google Camera (G Cam).

Baru-baru ini perusahaan keamanan Checkmarx mendapatkan bug berbahaya, bahkan peretas bisa mengontrol aplikasi seperti kamera, mulai dari menjepret foto dan merekam video.

Chekmarx mengaku temuan bug G Cam yang terdapat di smartphone merek Samsung dan Pixel. Namun, mereka enggan menjelaskan untuk seri ponsel tersebut kepada publik.

Sudah mencapai ratusan juta pengguna ponsel yang terjangkit malware yang dikarenakan G Cam. Bahkan kabarnya, itu adalah bug pada aplikasi ponsel terbesar di dunia saat ini.

Selain meretas melalui fitur kamera, bug atau celah keamanan berkode CVE-2019-2234 ini bisa mengakses kartu memori pengguna ponsel secara bebas. Sekaligus memata-matai lokasi pengguna melaui data GPS (location tag) yang tertera di dalam sebuah foto.

Namun, pengguna tak perlu khawatir meskipun bug ini berbahaya. Pasalnya, pihak dari Google dan Samsung telah mengetahui adanya bug atau celah keamanan tersebut.

Google juga mengaku bahwa ada pembaruan untuk mempertebal sistem keamanan yang sudah disebar oleh para vendor ponsel sejak, Juli lalu.

“Celah keamanan telah diatasi pada perangkat Google, melalui pembaruan di PlayStore ke Aplikasi Google Camera pada Juli 2019,” tulis juru bicara Google.

“Pembaruan ini agar celah keamanan dipertebal sehingga tidak dapat tembus oleh bug”.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *