Nakal, Software AI ini bisa membuat Orang tanpa busana

Share this Article

Jika selama ini sering sekali terjadi kasus pengeditan foto artis menjadi tanpa busana, pastilah kita berpikir yang melakukannya adalah manusia, dan tentunya dengan bantuan Photoshop miliknya om Adobe. Tapi biasanya hasilnya memang sangat mudah ditentukan dengan kasat mata. Tidak sulit untuk mengetahui bahwa foto itu adalah hasil editan manusia.

Belakangan ini, dilaporkan oleh vice dan businessinsider bahwa sebuah software bernama DeepNud3 App, dengan menggunakan deep learning method yang disebut pix2pix, yakni metode yang mencari kemiripan antara pixel ke pixel yang berdekatan, dapat mengedit dengan rapi secara otomatis tanpa bantuan manusia, sebuah foto yang lengkap berbusana menjadi tidak berbusana. Ini jelas sangat mengerikan, alias “Horrifying” begitulah situs vice.com menyebutnya.

Mendapat Protes Keras

Software ini, anehnya, hanya bekerja untuk foto wanita saja. Entah mengapa pembuatnya membuat demikian.

“This is absolutely terrifying,” Katelyn Bowden. “Now anyone could find themselves a victim. This tech should not be available to the public.”

(Hal ini jelas-jelas sangat menakutkan, dan siapa saja pun bisa jadi korban atas tindakan ini meski dia tidak pernah berpose demikian. Teknologi ini tidak boleh disebarkan publik). Itu adalah salah satu aksi protes keras dari sekian banyak tokoh yang menolak teknologi yang memang tergolong canggih ini.

Ditutup setelah beberapa hari release

Cover web deepnud3.com

Setelah release beberapa hari sejak 23 Juni banyak sekali tindakan protes baik via sosmed maupun channel berita digital mainstream dunia terhadap aplikasi ini. Tim berseru mencoba membuka web resmi software ini, dan memang benar bahwa aplikasi ini sudah dicabut dari peredaran oleh pembuatnya.

Mengingat protes ini, mimin jadi ingat tentang teknologi canggih di dunia kesehatan yaitu cloning yang juga banyak ditentang oleh masyrakat ketika itu karena memang terlalu banyak etika yang dilanggar dan nilai yang sangat ekstrim sekali berubah di tatanan hidup manusia saat ini jika teknologi tersebut sudah bisa diterapkan.

Bagaimana menurut rekan berseru ? Apakah semua teknologi memang harus selalu diterapkan ? Atau harus ada regulasinya ? Tulis pendapat kamu ya 😀

Share this Article

Artikel Lainnya

0 thoughts on “Nakal, Software AI ini bisa membuat Orang tanpa busana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *