Negara mana yang Internetnya Paling Kencang ? Penasaran ?

Share this Article

Studi oleh Opensignal, sebuah perusahaan teknologi besar bermarkas di UK alias Inggris negara dimana klub pemenang Liga Champion 2019 Liverpool berdomisili, menemukan bahwa dari 87 negara di dunia yang disurvey, hanya 13 negara yang memiliki latensi alias delay transmisi Internet dibawah 40 milidetik.

Singapura, menjadi negaya dengan latensi Internet yang paling dekat ke angka 30milidetik yakni 30.7 milidetik. Hal ini berdampak pada cepatnya akses Netflix di Singapura karena latensi jaringan 4G nya yang sangat kecil.

Bagaimana Opensignal mengukurnya ?

Dari Januari hingga Maret lalu, mereka menemukan fakta bahwa dari 87 negara, hanya 13 yang latensi nya dibawah 40milidetik. Tidak ada satupun yang di bawah 30 milidetik. Ini satu fakta menarik rekan berseru. Tapi, yang paling mendekati 30milidetik, adalah negara Singapura dengan nilai latency 30.7 milidetik.

Hungaria dan Ceko negara baltik sekitarnya mayoritas berada di deret atas, tak heran mungkin ini jadi faktor eSports seperti Dota,CS,dsb, banyak dijuarai oleh negara-negara tersebut. Hungaria dan Ceko berada di posisi 2 dan 3 setelah Singapura. Negara tetangga kita lohhh.. Wawwww.. Jadi bangga ya rekan berseru.

Nah berbicara tentang negara tetangga terdekat Singapura yaitu Malaysia, latensinya berada jauh yaitu 51.4 milidetik. Indonesia sendiri ? Hmmm mimin kasitau ga ya.. Mau tau aja atau mau tau banget ?

The study released on Friday (May 31) also revealed that Europe dominated the latency rankings with six of its countries in the top 10.

Opensignal.

Top 10 untuk juara latensi terendah didominasi negara di Eropa, 6 negara.

Meski belum ada negara dengan latensi internet di bawah 30 milidetik, jaringan 5G digadang akan jadi solusi yang dapat menembus batas ini.

South Korea has best download speeds

Wowowo… Tapi Singapura bukan juara umum dalam kecepatan internet, sebab bukan hanya latensi yang jadi faktor keseluruhan. Korea, menjadi juara 1 dalam kecepatan download alias unduh, sementara Singapura ada di posisi kelima dunia, namun runnerup di Asia. Kecepatan download rerata di Singapura mencapai 39.3 mbps. Indonesia gimana min ? Hihihi..

Kecepatan download di Korea Selatan mencapai 50mbps loh rekan berseru. Seng ada lawannya, di belakangnya ada Norwegia dan Kanada dengan kecepatan 48.2 dan 42.5 mbps.

Malaysia did not fare well, with its download speed recorded at 11.5mbps.

Nah itu juga baru kecepatan download. Untuk kecepatan upload, siapa juaranya ? Korsel beruntung menjadi juara kedua. Lalu siapa juara 1 untuk upload speed ?adalah Denmark dengan upload speed 15.3 mbps. Singapura lagi-lagi masuk 10 besar, ada di posisi 4 negara dengan kecepatan upload tertinggi yakni 12.9 mbps.

Dalam hal kenyamanan dalam layanan video, Opensignal mencatat tidak ada negara yy mencapai nilai 75 menurut ukuran mereka. Norwegia mendapat skor 74.7, disusul oleh Hongaria dan Singapura hanya dapat posisi di 9, terbaik di kawasan Asia Pasifik dengan nilai 70.3.

Meskipun kecepatan Internet Singapura selalu berada di Top10 untuk kategori kecepatan, latensi, video, tapi hal tersebut tidak diimbangi dengan coverage area. Hanya 90 persen area Singapura yang kecil itu yang sudah mendapat jaringan cepat 4G. Korea Selatan lagi-lagi menjadi Juaranya dalam hal luas area coverage, 97.5 persen dari wilayahnya sudah tercover 4G yang sangat cepat disusul tetangganya Jepang.

Amerika Dimana ?

Nah sedari tadi negara besar dan luas ini, Amerika, tidak masuk dalam peringkat 10 besar, sama halnya dengan China. Mungkin karena padatnya penduduk dan luasnya wilayah negara tersebut. Tapi Amerika patut berbangga karena tercatat di posisi 3 untuk cakupan jaringan 4G yang sudah bisa dirasakan di 90 persen wilayahnya. Malaysia ada di posisi 42, nah coba tebak Indonesia posisi berapa ? Ada yang tau ?

Laporan Lengkap Internet Indonesia ? Nanti mimin akan bahas di sesi tersendiri.

Selamat untuk Singapura dan Korea Selatan, sebagai 2 negara terhebat di Dunia dalam kecepatan jaringan Internetnya.

Jadi pengen ke Singapura nih lalu ke Korsel minum Soju ya rekan berseru.

Hehehe..

Sumber : Business Insider, Opensignal.

Share this Article

Artikel Lainnya