Deteksi Virus Corona Dengan Kacamata Pintar T1

Share this Article

Kacamata pendeteksi suhu tubuh telah dikembangkan oleh startup bernama Rokid, yang menciptakan kacamata dengan sensor inframerah. Kacamata ini menjadi salah satu mengindikasi bahwa seseorang terinfeksi virus Corona.

Sebutlah kacamata pintar ini telah mampu mendeteksi suhu hingga 200 orang, menariknya itu dilakukan dengan jarak 2,7 meter. Wah keren ya, berarti kita pasti terhindar dari Covid-19 dong? Dengan jarak jauh setiap ada yang positif Corona, kita bisa langsung menghindar.

Dilansir dari Phone Arena, kacamata ini bernama T1 Thermal Smart Glasses, dibekali dengan prosesor Qualcomm serta dilengkapi kamera 12MP yang memiliki fitur realitas bertambah atau augmented reality (AR).

Hebatnya, perangkat ini bisa dikontrol loh, kamu bisa perintah dengan menggunakan suara, bahkan bisa mengambil foto dan merekam video.

Rencananya Rokid akan menawarkan perangkat ini ke perusahan di AS, seperti rumah sakit hingga petugas keamanan guna mendeteksi Covid-19.

Kacamata pintar T1 Thermal Smart Glasses terhubung melalui USB sehingga bisa disinkronkan dengan platform lainnya.

Rokid menjelaskan bahwa dirinya tidak mengumpulkan informasi dari kacamata T1 secara langsung.

“Mengenai modul, sama sekali tidak mengambil data apapun ke cloud. Jadi, pelanggan akan sangat terjaga privasinya. Pengukuran data akan disimpan secara lokal,” ujar Liang Guan, Direktur Rokid AS.

Alat pengecek suhu yang besar, seperti di bandara, tak mudah untuk dibawa, sedangkan alat genggam pengukur suhu itu dilakukan dengan jarak dekat dan meningkatkan risiko tertular.

“Benar-benar mengarah ke dahi orang, apalagi harus secara dekat. Sementara kamu telah melakukan Social Distancing ketika menggunakan,” ungkap Liang.

Saat ini pemerintah AS sedang berupaya keras dalam melindungi warganya dari Covid-19 ini. Bahkan sejumlah raksasa teknologi juga ikut andil dalam upaya dalam memerangi pandemi Covid-19.

Google dan Apple berkolaborasi dalam menyediakan aplikasi pelacak kontak, tujuan untuk memberitahu jika mereka melakukan kontak dengan orang yang terpapar virus Corona.

Semakin canggih alat-alat yang dikembangkan oleh manusia ya, semoga pandemi Covid-19 ini cepat selesai dan dunia kembali normal.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *