Dapatkah seorang pilot memandu penumpang untuk mendaratkan pesawat?

Share this Article

Share this Article

Dalam beberapa film aksi, seorang penumpang yang belum berpengalaman dapat mendaratkan pesawat yang dipandu oleh seorang pilot yang terluka parah. Sebenarnya, mungkinkah itu terjadi?

Sebuah pertanyaan diutarakan dalam sebuah forum Quora, dan kemudian dijawab oleh Michael Vogel, yang menyatakan dirinya adalah seorang pilot yang sudah tidak lagi menerbangkan pesawat.

Menurut beliau, sebuah program televisi Australia-Amerika – Mythbusters pernah menguji hipotesa ini.

Pertama-tama, mereka mencoba dua orang awam untuk mendaratkan pesawat dalam simulator tanpa instruksi dan tanpa pengetahuan sebelumnya tentang sistem penerbangan. Hasilnya: mereka berdua jatuh.

Kemudian, mereka meminta seorang pilot untuk memandu mereka. Hasilnya mengagumkan: mereka dapat mendarat dengan selamat.

Menurut Vogel, proses mendaratkan sebuah pesawat, terutama pesawat berbadan besar, adalah tentang melakukan prosedur-prosedur yang tepat, dalam urutan yang tepat, dan waktu yang tepat. “Jika ada seseorang yang berpengalaman memberi tahu prosedur yang harus dilakukan, dan Anda mengikuti setiap instruksi tanpa panik, dan berkomunikasi dengan benar, maka kemungkinan semua orang dapat melakukannya”, tambahnya.

Anehnya, melakukannya pada pesawat yang lebih besar jauh lebih mudah dibanding pesawat yang lebih kecil. Pilot Vogel tidak percaya diri untuk membimbing seseorang yang tidak terlatih untuk mendaratkan pesawat lebih kecil. “Pesawat kecil minim memiliki sistem otomatisasi yang lebih sedikit, dan lebih rentan terhadap perubahan-perubahan mendadak yang mungkin terjadi selama proses pendaratan. Sehingga kemungkinan untuk gagal sangat besar”, katanya.

Pendapat lain didapat dari seorang Pilot pesawat 737-800, bernama Corne Oberholzer. Menurut beliau, pendaratan itu tidak akan mudah. Bagian tersulit adalah menemukan semua perangkat-perangkat yang dimaksud, seperti sakelar, tuas, dan tombol. Jika perangkat tersebut telah ditemukan dan diketahui, pendaratan bahkan dapat dipandu oleh Air Traffic Control, saja.

Tapi, semoga hal ini tidak pernah terjadi ya.. 🙂

Disadur dari: https://www.quora.com/Could-a-pilot-actually-guide-a-passenger-through-landing-the-plane-safely

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *