Aplikasi Palsu Samsung Ini Telah Menipu Lebih Dari 10 Juta Pengguna Android

Share this Article

Lebih dari sepulu juta pengguns telah ditipu dalam memasang aplikasi palsu Samsung bernama “Updates for Samsung” yang menjanjikan pembaruan firmware, tetapi pada kenyataannya, aplikasi tersebut mengarahkan pengguna ke stus web yang dipenuhi iklan dan biaya untuk mendownload firmwarenya.

a screenshot of a cell phone: Updates for Samsung app

Seorang analisis malware di CSIS Security Group bernama Aleksejs Kuprins mengatakan kepada ZDNet dalam sebuah wawancara bahwa ia telah menghubungi pihak Google Play Store untuk meminta mereka untuk menghapus aplikasi tersebut dari Play Store.

a screenshot of a cell phone: Updates for Samsung app payment screen

Aplikasi ini mengambil keuntungan dalam mendapatkan firmware dan pembaruan system operasi untuk ponsel Samsung, karena tingginya jumlah pengguna yang telah menginstallnya.

Situs ini memang menawarkan pembaruan firmware Samsung gratis dan berbayar, tetapi setelah menggali source code aplikasinya, Kuprins mengatakan bahwa situs web tersebut membatasi kecepatan unduhan gratis hingga 56 KBps, dan beberapa unduhan firmware gratis lainnya.

Menurut Kuprins, ini adalah tipuan, aplikasi ini tidak memiliki afiliasi dengan Samsung, hanya memuat domain com update[.] Di komponen WebView (Browser Android).

Masalahnya disini adalah aplikasi tersebut telah melanggar aturan Play Store dan menggunakan system pembayaran sendiri, bukan system pembayaran resmi dari Play Store, memuat pengguna untuk memiliki data pembayaran mereka dicegat atau di catat oleh pihak ketiga, daripada ditangani oleh Saluran pembayaran resmi dari Google.

Secara keseluruhan aplikasi ini bukan malware, melainkan penipuan karena tidak melakukan tindakan negative atas nama penggunanya atau tanpa persetujuannya. Bisa dikatakan aplikasi tersebut adalah jenis “scam” atau “adware”.

Sumber: MSN

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *