Angkatan Darat AS Akan Menguji Kendaraan Tempur Robot Tahun Depan

Share this Article

Militer AS akan mencoba menggunakan kendaraan robot dengan cara yang lebih agresif. Angkatan Militer AS akan mulai menguji kendaraan tempur robot tersebut pada tahun 2020. Tentara dalam dua Kendaraan Bradley Fighting yang dimodifikasi (Mission Enabler Technologies Demonstrators, atau MET-Ds) akan mengendalikan jarak jauh empat prototipe turunan M113 untuk mengukur seberapa baik sistem bekerja dalam kehidupan nyata. Meskipun ini bukan situasi pertempuran, Angkatan Militer AS mengharapkan adanya feedback terhadap setiap masalah atau pola penggunaan yang berbeda.

Setiap MET-D akan memiliki empat tentara di bagian belakangnya sembari mengendalikan dua kendaraan yang tidak beroda, yang masing-masing dilengkapi dengan senapan mesin 7.62mm.

Pengujian akan berlanjut selama beberapa tahun ke depan. Fase kedua akan dilakukan pada akhir tahun fiskal 2021, Angkatan Militer AS akan melihat kendaraan robot yang digunakan dalam manuver skala perusahaan dengan enam MET-Ds dan delapan kendaraan robotik ringan dan menengah. Fase ketiga, pada pertengahan fiskal 2023, akan mempertahankan jumlah kendaraan tetapi beralih ke robot sedang dan berat.

Sistem robot seperti ini bisa memiliki banyak keuntungan di bidang militer. Hal ini akan mengurangi risiko dalam skenario di mana tentara tidak bisa mengekspos diri mereka sendiri, seperti kontak pertama dengan pasukan musuh. Dan tanpa kru, alat berat tersebut dapat membawa muatan khusus atau peningkatan kendaraan. Yang pastinya mereka tidak akan menggantikan peran sebagai manusia. Namun, mereka bisa menjauhkan orang dari bahaya sampai mereka benar-benar diperlukan.

Sumber: Engadget

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *