AI Ini Dapat Mensimulasikan Sistem Kuantum Tanpa Daya Komputasi Yang Besar

Share this Article

Share this Article

Bukan perkara yang mudah untuk mensimulasikan kuantum fisika, karena permintaan komputasi yang tumbuh secara eksponensial, semakin koompleksnya sistem kuantum super komputer pun mungkin tidak akan cukup menyelesaikannya. Kini AI datang dapat menyelamatkan itu semua.

Para peneliti telah mengembangkan metode komputasi yang menggunakan jaringan saraf untuk mensimulasikan sistem kuantum dalam ukuran yang cukup rumit, apapun itu geometrinya. Sederhananya, tim ini menggabungkan metode yang akrab mempelajari sistem kuantum (seperti metode Monte Carlo random sampling) dengan jaringan saraf yang secara bersamaan dapat mewakili banyaknya kuantum.

Daya tariknya dapat mudah dipahami, setidaknya fisikawan kuantum dapat mempelajari sistem yang kompleks tanpa membutuhkan daya komputasi dalam jumlah besar. Hal itu juga bisa membantu para ilmuwan dapat memahami lebih banyak aspek perilaku si kuantum tersebut.

Teknik ini mungkin sangat membantu untuk mengembangkan kuantum komputer, dimana ia dapat menentukan efek kebisingan pada perangkat keras. Para peneliti ini mengatakan bahwa hal ini harus mendorong komputasi kuantum satu langkah lebih dekat ke arus utamanya.

Sumber: MSN

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *