Ahli Petir ITB: Cara Menghindari Sambaran Petir

Share this Article

Ahli petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat mengatakan jika pancaroba atau peralihan sedang memasuki musim hujan, apalagi dirinya membenarkan rawan sambaran petir.

BMKG melaporkan bahwa hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terjadi hingga 19 Desember 2019. Kemunculan sekarang bisa di perkirakan sebelum potensi hujan dan kondisi awan.

Menurut Syarif, awan petir itu terbentuk oleh penguapan dari sinar matahari. Dataran pulau besar petir mulai sekitar pukul 11.30 dan berakhir pukul 20.00. “Maka puncaknya sekitar pukul 3-4 sore,” katanya.

Saat waktu petir itu terkait kebutuhan sinar matahari untuk penguapan air ke atas dari pagi sampai siang. “Saat hujan tidak ada matahari muncul karena petirnya tidak terlalu banyak.”

Syarif menghimbau, jika orang melakukan aktivitas di tempat terbuka, coba cari obyek yang lebih tinggi disekitar seperti pohon atau bangunan lain. Tapi jika mendekat pohon disekitar tunggal maka harus jaga jarak, sebab pohon berpotensi tersambar petir.

Saat kondisi tempat terbuka dan tidak sempat mendekat benda yang lebih tinggi, disarankan untuk jongkok atau tiarap agar tubuh tidak menjadi pusat yang menojol.

Selain hal itu, perlindungan petir yaitu bisa masuk ke dalam mobil. Karena bagian kerangka mobil dilapisi logam, jadi jika tersambar petir pun, logam itu bisa menyalur petir di bagian luar hingga di bagian dalam aman.

Sementara untuk kolam renang, menurut Syarif pada dasarnya sebenarnya aman, karena arus listrik terbagi merata, lain hal di lautan. Seperti kapal layar tersambar petir sering terjadi, orang main jetski juga rawan terkena, karena menonjol di atas permukaan air.

Sampai 19 Desember, menurut BMKG hujan lebat disertai angin kencang dan petir masih akan berpotensi terjadi. Beberapa wilayah seperti Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Belitung, Kepulauan Bangka. Kemudian Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, dan Papua.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *