Pembalap F1 Legendaris Niki Lauda Meninggal Dunia Di Usia 70 Tahun

Share this Article

Share this Article

Niki Lauda, Legenda pembalap Formula One dan juara dunia tiga kali telah meninggal dunia pada usia 70 tahun. Keluarga Lauda mencatat bahwa pembalap legendaris tersebut telah menggal dengan damai pada hari senin. Beliau meninggal dunia di sebuah klinik Swiss, dimana telah menghadiri perawatan dialisis untuk berbagai macam masalah ginjal.

Lauda bisa dibilang salah satu juara paling legendaris di semua olahraga mengemudi, dimana ia memenangkan dua gelar kejuaran dunianya setelah tabrakan brutal yang membuat badannya terbakar hebat. Dia memenangkan kejuaraan 1975 dan 1977 bersama Ferarri, ia membuat comeback mengejutkan pada tahun 1984 bersama McLaren untuk merebut kembali gelarnya. Pembalap Austria itu dan pesaing beratnya yaitu James Hunt sekaligus pembalap asal Inggris yang pernah diangkat ke film biografi berjudul “Rush”, diperankan oleh Ron Howard yang mendapat pujian kritis. Dalam film tersebut menampilkan kecelakaan mengerikan yang dialami Lauda ketika Ferrari nya terbakar. Niki Lauda juga pernah dilantik ke dalam International Motorsports Hall of Fame pada tahun 1993.

Beliau kemudian kembali ke track balap melalui peran manajerial dan konsultasi di awal 1990-an, mengambil peran kepala tim untuk Formula One Jagua pada tahun 2001. Pada tahun 2002 Lauda diangkat menjadi ketua non-eksekutif Team F1 Mercedes AMG Petronas. Diluar sirkuit, Lauda mempertahankan fpkus pada industri penerbangan Austria dengan memulai maskapainya sendiri, Lauda Air. Setelah menjual maskapai di akhir tahun 1990-an, ia kemudian kembali ke industri ini pada tahun 2003 dengan maskapai barunya, Niki, sekali lagi menjual ke pemegang saham di awal 2010-an. Dia melanjutkan ketertarikannya dalam industri otomotif dan aeronautika hingga kematiannya, dan telah mempertahankan dirinya sebagai salah satu yang paling dihormati yang pernah menghiasi industri olahraga motor.

Sumber: Hypebeast

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya