Atlet Termuda dan Tertua Indonesia Di SEA Games 2019

Share this Article

Share this Article

Bermacam-macam usia atlet Indonesia, ada yang termuda bahkan tertua. Namun, tetap meriah sambutan oleh masyarakat Indonesia untuk atlet muda atau sudah tua.

Kyandra Kaelani Susanto atlet termuda di cabang olahraga skate board yang dimiliki Indonesia pada SEA Games 2019. Sedangkan di olahraga catur ada atlet yang bernama Dede Liu yang menjadi atlet tertua kontingen.

Menurut data dari kontingen Indonesia, Dede lahir pada 9 Maret 1970 atau sekarang berusia 49 tahun, yang diturunkan di nomor ASEAN chess. Selisih 39 tahun dengan Kyandra yang lahir pada 5 Maret 2009 atau masih berusia 10 tahun.

Indonesia menurunkan sebanyak 841 atlet dari jumlah total kontingen 1.311 orang yang akan berpartisipasi pada 51 cabang olahraga di SEA Games 2019.

Diparsitas rentang usia atlet Indonesia yang cukup besar itu justru disambut gembira oleh Chief de Mission (Cdm) atau Kepala Kontingen Indonesia di SEA Games 2019, Harry Warganegara.

Menurut Harry, perbedaan usia itu menunjukkan adanya kesinambungan regeberasi atlet di Indonesia. “Saya senang-senang saja dengan keberagaman usia atlet dalam skuat Garuda ini,” kata Harry di Manila, Minggu.

Menurut Harry, dalam olahraga faktor usia bukan jadi pertimbangan utama untuk terpilih membawa nama Indonesia, sejauh si atlet bersangkutan memiliki prestasi.

“Kalau tua masih bagus dan muda juga sudah berprestasi, kenapa tidak? Artinya tim Indonesia itu lintas generasi. Ada dari generasi milenial, ada juga remaja di era 1980-an,” kata Harry Warganegara.

Sumber
Foto: google

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *