Teori Crack Habibie Penyelamat Dunia Industri Penerbangan

Share this Article

Halo guys, Hari ini Indonesia kehilangan putra terbaik bangsa, presiden ke 3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (11/9/2019) sore hari tadi.

B.J Habibie meninggalkan banyak warisan bagi Indonesia dan juga dunia di berbagai bidang. Salah satunya di bidang Teknologi Dirgantara/pesawat terbang.

malang-post.com

Di Tahun 1960, B.J Habibie yang merupakan inovator dari Indonesia, menemukan sebuah teori crack yang mampu memecahkan kebuntuan dari permasalahan industri penerbangan saat itu.

Di era itu angka kecelakaan pesawat terbilang tinggi, diakibatkan karena belum adanya alat yang dapat mendeteksi keretakan pada pesawat akibat Fatique atau kelelahan pada struktur pesawat .

Kelelahan (Fatigue) biasanya terjadi di bagian penghubung sayap dan badan utama pesawat dan juga pada penghubung sayap dan mesin pesawat. Bagian tersebut selalu mengalami guncangan dan juga getaran pada saat take off dan juga landing.

Teori crack atau crack progression adalah teori yang diaplikasikan untuk memprediksikan titik mula retakan atau crack progression point yang terjadi di sayap pesawat.

Dalam teori ini ‘Mr. Crack‘ julukan dari b.j Habibie mampu mengkalkulasikan dengan detail hingga pada kalkulasi tingkat atom.

Dengan teori crack ini para engineer dapat menentukan lebih letak dan juga besar retakan/crack. Hal tersebut membuat para engineer dapat memangkas bobot pesawat, dengan mengurangi safety factor (SF) .

Dimana sebelum teori crack muncul SF diterapakan dengan menambahkan meterial pesawat yang otomatis menambah bobot pesawat. Terobosan ini disebut dengan Factor Habibie.

Dengan adanya Teori dan juga Factor Habibie kemampuan pesawat meningkat drastis. Pesawat akan lebih mudah dalam bermanuver, mempermudah melakukan take off, menghemat bahan bakar, mengurangi biaya material pembuatan pesawat, dan perawatannya.

Oleh karena itu, Teori Habibie ini digunakan oleh seluruh industri penerbangan dunia. Teori ini juga mengurangi risiko kecelakaan dan otomatis meningkatkan standar keamanan pesawat.

Wah, hebat ya pak Habibie, guys! Apa lagi penemuannya yang menurut kalian hebat?

sumber: berbagai sumber
foto: google

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *