Tasikmalaya di Guncang Gempa Magnitudo

Share this Article

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengklaim bahwa ada gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 yang mengguncang wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat pada pukul 05.05 WIB.

Berdasarkan data BMKG, gempa bumi tektonik yang terletak pada koordinat 8.10 Lintang Selatan dan 107.95 Bujur Timur. Letak wilayah tepatnya berada di laut pada jarak 54 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, dengan kedalaman 11 kilometer.

Menurut Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, Jika dilihat dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa adanya gempa bumi yang terjadi itu merupakan gempa dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah lempeng Eurasia.

“Akibat dari gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi dirasakan di wilayah Tasikmalaya dan Ciamis berskala Intesitas III MMI. Namun sampai saat ini, belum ada laporan tentang kerusakan dari dampak gempa bumi tersebut,” kata Hendro, Kamis (9/1).

Hendro mengatakan jika hingga pukul 05.37 WIB, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan tanda-tanda adanya gempa bumi susulan.

Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti informasi dari BMKG, serta selalu waspada karena BMKG akan terus menerus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Hendro juga meminta agar masyarakat untuk memastikan informasi resmi soal gempa bumi berskala Magnitudo kurang dari lima hanya bersumber dari BMKG melalui situ resmi http://balai2.bmkg.go.id/.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *