Presiden ke-3 Indonesia B.J.Habibie Meninggal Dunia

Share this Article

Berita pilu bagi seluruh Rakyat Indonesia sore ini bahwa B.J.Habibie, mantan presiden Republik Indonesia telah meninggal dunia 6 sore tadi di RSPAD Gatot Soebroto.

Sebelumnya telah disiapkan sejumlah 44 dokter kepresidenan yang dikoordinasikan untuk merawat mantan Presiden Indonesia yang ke-3 ini. Sebanyak 34 tim panel ahli, ahli di bidang macam-macam, jantung, otak, dan sebagainya lengkap.

Sang anak, Thareq Kemal Habibie mengatakan bahwa ayahnya jatuh sakit karena faktor usia dan banyaknya aktivitas yang ia jalani sehari-hari sehingga hal itu menimbulkan masalah pada kesehatan jantungnya.

“Mohon dimengerti Bapak itu agak sepuh ya. Sudah di atas 80 (tahun), yakni 83 (tahun) menginjak 84 tahun. Beliau beraktivitas sangat tinggi sehingga Bapak suka lupa bahwa Beliau itu 80-an. Karena otaknya masih jalan tapi sesuai natural manusia badan kan enggak akan selalu ikut,” kata dia.

Untuk lebih mengenal mantan presiden kita ini, mari kita lihat riwayat singkat B.J.Habibie.

Riwayat singkat B.J.Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa dipanggil B.J.Habibie lahir pada 25 Juni 1936 di Parepare, merupakan anak dari Alwi Jalil Habibie, dan R.A.Tuti Marini Puspowardojo.

Ayahnya adalah seorang petani dari keturunan Gorontalo dan ibunya adalah seorang bangsawan Jawa dari Yogyakarta. Keluarga Habibie berasal dari Kabila, sebuah desa di bagian timur Provinsi Gorontalo.

Habibie merupakan anak keempat dari delapan bersaudara. Orang tuanya bertemu saat belajar di Bogor. Ayah Habibie meninggal ketika dia berusia 14 tahun.

Beliau juga adalah seorang insinyur asal Indonesia yang menjadi Presiden Indonesia dari tahun 1998 hingga 1999.

Dia menggantikan Suharto, yang mengundurkan diri pada tahun 1998. Kepresidenannya dipandang sebagai transisi ke era paska-Suharto.

Setelah menjadi presiden, ia meliberalisasi pers dan undang-undang partai politik Indonesia, dan mengadakan pemilihan awal yang demokratis pada tahun 1999, yang mengakibatkan berakhirnya kepresidenannya.

Masa kepresidenannya adalah yang ketiga, dan yang terpendek, setelah kemerdekaan.

Selamat jalan Pak Habibie, terima kasih atas segala jasa dan pengorbananmu dalam mengharumkan nama Indonesia.

foto: beritasatu.com

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *