Lil Nas X & Sony Terkena Gugatan Hak Cipta Sebesar 25 Juta Dollar

Share this Article

Lil Nas X dan label rekaman Sony telah ditampar dengan 25 juta dollar gugatan (10 juta dollar untuk kerusakan dan tambahan 15 juta dollar untuk ganti rugi) atas sampel lagu yang tidak jelas pada lagu “Carry On.” Gugatan itu diajukan oleh penerbit musik The Music Force, perusahaan itu menuduh bahwa Nas X dan produsernya menggunakan bagian dari lagu Bobby Caldwell 1982 dengan nama yang sama dan bahwa pasangan itu termotivasi oleh keserakahan dan niat jahat karena di video YouTube aslinya telah mengumpulkan lebih dari empat juta views.

Selain itu, The Music Force telah memasukkan Sony dalam gugatannya untuk mempertimbangkan penandatanganan artis baru-baru ini. Menurut laporan, The Music Force percaya bahwa kegagalan Sony untuk menghapus sampel tersebut membuat mereka lebih bertanggung jawab. Namun, “Sony memilih untuk tidak mengambil tindakan untuk menghentikan pelanggaran ilegal dan tidak sah ini karena jauh lebih penting bagi Sony untuk mempertahankan kesempatannya untuk menikmati jutaan dolar pendapatan dari keberhasilan karier X,” bunyi gugatan itu.

Meskipun mengalami kemunduran, lagu “Old Town Road” Nas X saat ini menduduki di posisi 1 di Billboard Hot 100 chart untuk minggu ke-16 secara berturut-turut. Jika dia berhasil tetap di atas selama 17 minggu, lagu “Old Town Road” akan menjadi pemegang rekor tunggal rekor Billboard dalam 61 tahun dalam tonggak sejarahnya.

Sumber: Hypebeast

Share this Article

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *