Wanita Harus Kenali Detail Alat Menstrual Cup

Share this Article

Share this Article

Selain pembalut, kini ada produk kesehatan feminin yang dapat digunakan berkali-kali, sebagai tempat pendarah saat haid. Bentuk seperti cangkir, cara menggunakannya masukkan cup tersebut ke dalam Miss V untuk mengumpulkan cairan saat haids.

Mengutip dari berbagai sumber, menstrual cup adalah alat kesehatan yang bentuknya seperti corong minyak, dengan ukuran lebih kecil dan terbuat dari silikon berbahan aman untuk tubuh. Alat ini bisa dimasukkan ke dalam Miss V dan digunakan untuk menadah darah selama menstruasi, mirip dengan fungsi pembalut.

Meski begitu, berbeda dengan pembalut yang hanya bisa digunakan sekali pakai, menstrual cup ini bisa digunakan berkali-kali, Moms. Satu buah menstrual cup bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama sekitar 5 hingga 10 tahun.

Material dari silikon atau karet juga memiliki risiko alergi. Jadi, Anda perlu memperhatikan bahan sebelum memilih jenis menstrual cup. Karena menstrual cup adalah produk kesehatan feminni yang bisa digunakan berkali-kali, berarti harus rutin dibersihkan dan disimpan dengan cara higenis. Kalau Anda tidak membersihkannya dengan benar, menstrual cup bisa menyebabkan iritasi.

Meski begitu, banyak juga kelebihan dari menggunakan menstrual cup. Metode ini dapat mengemat banyak uang, tidak perlu membeli pembalut atau tampon setiap kali haid.

Menstrual cup juga lebih ramah lingkungan, karena dapat digunakan kembali dan dapat bertahan lama. Dengan menggunakan menstrual cup, Anda mengurangi limbah pada lingkungan.

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *