Beda Batuk Biasa dan Batuk Corona, Ketahui Agar Tidak Gagal Paham

Share this Article

Penyebaran virus Corona yang membuat cemas, bahkan kita pernah berfikir kalau lihat orang disekitar batuk pasti khawatir? Wah dia terinfeksi Corona nggak ya, pasti kecemasan itu ada disetiap orang.

Namun tak usah khawatir! Karena para ahli telah menjelaskan beberapa gejala yang mengindikasikan seseorang terpapar virus Corona atau Covid-19.

Bicara soal gejala tersebut, itu hampir mirip dengan flu yang biasanya terjadi disertai dengan demam, sakit kepala, termasuk batuk.

Maraknya wabah virus Corona ini membuat kita selalu waspadah dan sangat penting mengetahui gejala-gejala virus Corona, salah satunya contohnya batuk.

Hmm… Kamu harus tahu mana yang namanya batuk biasa dengan batuk gejala Covid-19. Sebenarnya sih, batu gejala Corona itu bisa dipahami karena memiliki perbedaan dengan batuk biasa.

Dilansir dari Medical News Today, perbedaan batu gejala Covid-19 dan batuk biasa atau flu itu pasti terjadi di waktu mereka sakit.

Bahkan batu terbagi dua jenis, yaitu batuk ringan dan sedang.

Batuk biasa atau flu

Sering batuk terjadi ketika orang sedang menderita influenza, menurut Centers for Disase Control and Pervention (CDC), tak sedikit batuk tersebut sembuh secara tiba-tiba dan penderita akan sembuh sendirinya dalam kurun waktu 2 Minggu.

Berdasarkan artikel Business Insider, selain itu batuk juga terjadi pada penderita flu yang disertai pilek dan bersin-bersin.

Sedangkan gejala Covid-19, penderita tidak mengalami seperti itu. Jadi bila seseorang batuk disertai pilek, tapi sebelum batuk akan disertai fase bersin kemungkinan itu merupakan flu biasa.

Menurut Direktur Klinis dari Patientacces.com, Dr Sarah Jarvis menuturkan bahwa batuk yang merupakan ciri dari gejalan terpapar virus Corona sudah bisa diketahui, seperti yang dilansir The Sun.

Merangkum dari laman kompas.com, batuk yang menandakan mengindikasikan seseorang menderita Covid-19 adalah:

Batuk kering yang terjadi terus menerus

  • Batuk kering terjadi setidaknya dalam waktu setengah hari.
  • Batuk ini tidak terjadi sesekali hanya karena Anda berdehem atau ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan.
  • Batuk ini adalah sesuatu yang baru dirasakan oleh penderitanya. Artinya, bukan batuk seperti yang biasa dirasakan, misalnya karena seseorang terbiasa merokok kemudian sering batuk, dan sebagainya.
  • Meskipun penderita batuk kering tidak bisa disebut 100 persen adalah penderita Covid-19, namun jenis batuk ini lebih berpotensi menjadi gejala Covid-19 daripada batuk basah yang menghasilkan dahak.

Dari ciri-ciri penderita Covid-19, 67,7 persen terkonfirmasi menunjukkan gejala seperti batuk kering, tak jarang disebut sebagai gejala kunci.

Maka dari itu, jika mengalami gejala batuk kering dihimbaukan untuk melakukan isolasi diri sebagai langkah yang preventif menularkan virus ke orang lain.

Gejala Covid-19

Mengutip Business Insider, beberapa ciri-ciri gejala terinfeksi virus Corona dari hari ke hari, berikut gejalanya:

Hari ke-1

  • Pasien mengalami demam. Tubuhnya mungkin juga mengalami semacam kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering.
  • Ada pula yang mengalami diare atau mual satu atau dua hari sebelumnya.

Hari ke-5

  • Ada pasien yang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya terjadi pada mereka yang berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

Hari ke-7

  • Pada hari ke-7, menurut penelitian Universitas Wuhan, ini merupakan waktu rata-rata pasien masuk ke rumah sakit.

Hari ke-8

  • Pada pasien yang mengalami kondisi parah, sekitar 15 persen mengalami sindrom gangguan pernapasan akut. Saat ini terjadi, cairan telah memenuhi paru-paru, dan sering kali berakibat fatal.

Hari ke-10

  • Ketika gejala memburuk, pasien akan dibawa ke ICU. Biasanya, mereka mengalami gangguan pada bagian perut, dan kehilangan nafsu makan.
  • Pada rentang waktu ini, sebagian kecil meninggal, yakni 2 persen.

Hari ke-17

Setelah menjalani perawatan selama lebih kurang 2,5 minggu, pasien yang kondisinya membaik biasanya sembuh dan keluar dari rumah sakit.

Hal di atas harus kamu ketahui, bila merasakan gejala mirip Covid-19 langsung lakukan pemeriksaan.

Semoga bermanfaat dan dihimbau untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari virus Corona.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *