Setelah 18 Bulan, Akhirnya Game Fortnite Hadir di PlayStore

Share this Article

Kabar gembira untuk pengguna smartphone Android kini bisa mengunduh game Fortnite lebih praktis. Akhirnya, pihak Epic Games selaku pengembang game mengumumkan bahwa Fortnite hadir di Google Play Store.

Sebelumnya, para pengguna Android harus mengunduh APK Fortnite di platform di Epic Games, tapi proses tersebut terbilang ribet bagi pengguna smartphone. Bahkan sebelumnya, ada ketegangan antara pihak Epic Games dengan Google terkait hal ini.

Berdasarkan informasi dari The Verge, Epic telah berkesimpulan bahwa Google telah mempersulit karena keberadaan posisinya di ekosistem Android. Salah satu tandanya yaitu memberikan notifikasi jika untuk men-download game Fortnite tidak aman, bahkan mereka menganggap game tersebut telah membawa malware bagi ponsel pengguna.

Bahkan pihak Epic Games mengaku, Butuh 18 bulan dalam memutuskan untuk menghadirkan game battle royale populer ini masuk ke daftar aplikasi milik Google tersebut.

“Setelah 18 bulan Fortnite rilis di Android tapi diluar dari Google Play Store, namun akhirnya kami sadar. Google membuat software yang diunduh dari luar Google Play Store sangat merugi baik segi teknis maupun bisnis. Bahkan setiap kali muncul notifikasi terkait keamanan dan larangan dukungan layanan operator seluler,” tulis Epic Games.

“Google menganggap bahwa software pihak ketiga sebagai malware, bukan itu saja Google Play Protect (platform keamanan Google) telah memblokir semua software yang berasal dari luar Google Play Store,” tambah Epic Games.

CEO Epic Games, Tim Sweeney, mengaku memang selalu kritis terhadap dua toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store. Bahkan pihaknya telah menganggap kedua platform tersebut adalah pemeras para pengembang aplikasi hingga akhirnya mereka mendapatkan banyak uang dari para pengunjung.

Yang sangat menariknya, pihak Google menerapkan sistem pendapatan 30 persen, jadi setiap ada transaksi masuk yang dipasarkan melalui Google Play Store akan dipotong 30 persen sebagai keuntungan Google. Hal ini yang dikritik oleh Epic Games, bahkan pernyataan itu merupakan suara perwakilan dari developer independen.

Sebelumnya, game Fortnite dirilis secara legar di platform Android. Apalagi melihat game ini mengutamakan cara format APK untuk mengizinkan para pengguna Android menikmati permainannya, memang betul pandangan cara download aplikasi melalui file APK itu tidak dianjurkan.

Alasannya karena software tanpa melalui Google Play Store itu memang dianggap tidak lolos dari moderasi dan sistem keamanan Android. Namun, jika diteliti secara dalam bahwa Google sendiri sampai saat ini juga masih kewalahan dalam menangani aplikasi legal di Play Store yang mengundang malware.

Epic mengharapkan untuk pihak Google agar mengubah kebijakan seperti pajak dan aturan berbisnis mereka, supaya para pengembang dapat mengkomersialkan platform mereka. Ya, setidaknya kini pada akhirnya Fortnite bergabung juga dengan Google Play Store.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *