Amazing! Jumlah Gamer di Dunia Mencapai 3,5 Miliar Orang

Share this Article

Menurut laporan digital 2020, Global Digital Overview, yang dirilis oleh DataReportal, hampir 60 persen populasi di dunia telah menggunakan internet.

Itu artinya, pada awal 2020, jumlah pengguna internet sudah mencapai 4,5 miliar, dari semua pengguna internet di usia 16 hingga 64 tahun sebanyak 20 persen menonton live streaming, dari seorang gamer, sementara dari sebagian orang senang menonton turnamen esports.

Ini merupakan sinyal bahwa konten game semakin digemari, sehingga platform lainnya akan bersaing seperti, Twitch, Mixer, YouTube Gaming, dan Facebok Gaming, agar mendapatkan streamer ternama.

Meski begitu, tidak semua negara percaya dengan potensi esports, banyak sebagian yang masih merasa skeptik. Namun, ada saja sebagian pihak yang ingin memanfaatkan hype esports untuk menghasilkan investasi dengan cepat, seolah-olah industri esports terlihat lebih besar dari kenyataan.

Maka dari itu, pelaku esports sudah bekerja sama dengan perusahaan riset seperti Nielsen dan Newzoo untuk memberi data yang valid.

Sementara dari 80 persen pengguna internet lebih banyak bermain game setiap bulannya. Sehingga jumlah gamer di dunia mencapai 3.5 miliar, sebagian besar (69 persen) bermain game di mobile, sementara 41 persen bermain game di laptop atau PC dan 25 persen bermain game di konsol.

Bisnis mobile game terbukti menguntungkan, menurut App Anie pengguna menghabiskan US$65 miliar demi membeli game atau item di dalam game di tahun 2019. Sehingga total belanja itu berpengaruh memberi kontribusi sebesar 70 persen pada total spending konsumen.

Negara Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia menyebut bahwa perangkat mobile memang telah menjadi platform pilihan untuk para gamer untuk bermain.

Menurut laporan Newzoo, tampaknya industri game di dunia sangat berkembang pada tahun 2019 dengan mencapai US$150 miliar, naik 10 persen dari tahun sebelumnya. Sementara dari statista menyebutkan di tahun 2019 total pendapatan game itu naik 5 persen menjadi US$83 miliar.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *