5 Develepor Bermasalah Dengan Steam, Langsung Di Cabut!

Share this Article

Share this Article

Steam adalah platform toko game digital terkenal, banyak developer ternama mempromosikan karyanya. Steam juga menaruh sistem menetapkan game hasil ciptaan ke Steam,dengan mudah bahkan pasaranya sangat luas sebab sudah dikenal oleh para gamer.

Memang terbilang mudah dan tidak merepotkan untuk pembuat game, tentu developer wajib mematuhi aturan yang telah ditetapkan Steam agar game tidak ditarik peredaraan.

Namun dalam hal berbisnis pasti ada resiko, ternyata ada beberapa game developer melanggar aturan sehingga karya game ditarik paksa dari Steam.

Daftar game yang pernah ditarik dari Steam karena bermasalah:

1.Devotion ( Rilis: 2019 l Developer: Red Candle )

Merupakan salah satu game bergenre horror, tidak disangka ternyata mendapat kecaman para gamer China karena terdapat Easters Eggs dan jimat yang mengolok-olok Presiden Xi Jinping.

Bahkan review negatife membanjiri halaman Steam, Red Candle sudah meminta maaf dan sudah menghapus tekstur tersebut. Sampai akhirnya pihaknya mencabut karyanya dari dunia.

2.Ride To Hell: Retribution ( Rilis: 2013 l Developer Eutechnyx )

Game yang tidak membutuhkan waktu lama ditarik dari Steam, bahkan para gamer menyebutnya game terburuk di Steam.

Berbagai alasan membuat Steam menarik game ini seperti mempunya skor terendah di jajaran game Steam, sampai banyak bug dan glitch didalam game. Ditambah kualitas grafisnya sangat jelek, voice acting yang buruk, menawarkan gameplay repititif bahkan didalam game mengandung banyak adegan seks.

3.Rape Day ( Rilis: 2019 l Developer: Desk Plant )

Steam mengevaluasi gameplay game visual Rape Day, justru pada awalnya game ini tidak dipermasalahkan pihak Steam. Namun, para penghuni Steam mengutuk keberadaan game tersebut.

Karena didalam game Rape Day terdapat unsur kekerasan pemerkosaan yang berkedok wabah Zombie. Valve akhirnya memutuskan agar game tersebut tidak beredar lagi selamanya.

4.Piccled Ricc

Game yang sudah dianggap mutlak oleh Steam, karena game Ata Berdyev terdeteksi hasil jiplakan dari serial kartun Rick and Morty dari televisi Cartoon Network.

Sang Creator angkat bicara bahwa karyanya itu dari hasil candaan Kartun Rick dan Morty. Alhasil game harus ditarik Steam setelah mendapatkan kecaman dari penghuni youtube.

5.Wild Buster: Heroes of Titan

Bergenre MMORPG sebenarnya memiliki gameplay berkualitas serta solid. Namun masalah datang justru dari developer In Cell Games, karena telah melakukan manipulasi skor rating di Steam.

Hal ini terkuat sebuah email perintah dari CEO Developer Wild Buster untuk memaksa karyawannya membeli game dari Steam dan memberi review positif agar game tersebut naik pasaran. Lebih parahnya lagi setelah kejadian itu semua karyawannya langsung dipecat.

Sumber: VAZGAMING

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *