Suka goyangkan kaki ketika duduk ? Wajarkah ?

Share this Article

Anda sering menggoyangkan kaki ketika duduk ? Sedang meeting bersama teman ? Atau di dalam bioskop, sehingga guncangannya mengganggu rekan satu deret bangku anda ? Hmmm … sepertinya anda terkena sindrom yang disebut dengan sindrom “kaki gelisah” atau “restless leg syndrome”.

Apakah restless leg syndrome (RLS) ini ? Wajarkah ?

Seperti dilansir di doktersehat.com dan hellosehat.com, sebenarnya hal ini belum tergolong sindrom jika yang bersangkutan mampu memberhentikan gerakan menggoyang kakinya ketika ada yang memintakan, karena biasanya hal ini terjadi untuk proses relaksasi dan faktor kebiasaan saja.

Namun beberapa dari studi mengatakan juga bahwa hal ini bisa juga menjadi penanda hal berikut :

  1. Penggunaan Analeptics.
    Analeptik, kafein, stimulan lain seperti nikotin, juga dapat memicu terjadinya hal ini. Coba cek apakah sobat berseru mungkin ada yang baru saja mengonsumsi bahan di atas ? Jika ya mungkin itu memang reaksi wajar dan dapat ditenangkan dengan lebih banyak minum air putih untuk menetralisir gejalanya.
  2. Restless Leg Syndrome
    Biasanya pengidap sindrom kaki gelisah memang akan menggoyangkan kakinya kapan pun, namun jika ketika diminta untuk diam mereka dapat diam dalam waktu lama, maka sebenarnya seseorang tidak dapat dikatakan pengidap RLS juga. Seseorang mengidap RLS positif jika dalam tidur pun mereka menggoyangkan kaki.
  3. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder)
    Orang dengan sindrom ADHD biasanya memiliki kecenderungan untuk bergerak dan melakukan sesuatu, dan salah satu diantaranya adalah dengan menggerakkan kaki.

Namun jika salah satu dari hal di atas mungkin bukan yang menjadi pencetus, atau tidak terjadi pada sobat berseru, dan masih bertanya-tanya mengapa sobat berseru masih tetap menggoyang-goyang kaki ? Kemungkinan besar untuk memuaskan pertanyaan ini sobat berseru memang harus berkonsultasi ke dokter untuk penanganannya.

Share this Article

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *