Duh, Ria Ricis Videokan Makan Gurita Hidup-hidup, Ditegur Garda Satwa

Share this Article

Setelah dulu pernah ditegur aktivis lingkungan oleh karena membuang squishynya ke laut, kali ini Ria Ricis terkena efek yang hampir sama setelah mengunggah videonya ke Youtube. Videonya kali ini bukan membuang squishy tapi masih ada kaitannya dengan squishy, namun mahluk hidup yang sifatnya mirip squishy, yakni Gurita. Gurita dikenal sebagai hewan laut yang paling pintar dan elastis, yang dapat berubah warna dan bentuk sesuai dengan keadaan lingkungannya, baik itu dalam menyelamatkan diri atau menyamankan kondisinya sendiri.

Ria Ricis mungkin terinspirasi dari film Hello Strangers, film Thailand yang dulu sempat booming di Indonesia sekitar tahun 2009-2010, dimana di film tersebut ada adegan sang aktor sedang berlibur ke Korea, dan disana dia memakan hidup-hidup Gurita yang kecil, yang sering disajikan dalam makanan Korea. Hal ini memang sudah dianggap biasa di Korea, memakan Gurita Hidup-hidup.

Namun, Anisa, perwakilan dari Garda Satwa memprotes tindakan memvideokan memakan Gurita hidup-hidup oleh Ria Ricis. Pasalnya 16 juta pengikutnya di Youtube bisa mendapat edukasi yang kurang baik karena hal ini tergolong pada tindakan Kekerasan pada Hewan. Gurita itu berkali-kali ditekankan dalam video oleh Ria Ricis dikatakan masih hidup dan dapat kita lihat sendiri memang Gurita tersebut dipotong-potong oleh Ricis dalam kondisi masih menggeliat, dan bagi yang tidak terbiasa atau mungkin bagi anak-anak yang masih kurang mature untuk memahaminya akan dapat mempengaruhi psikologis mereka.

Mungkin hal tersebut sudah biasa di Korea, tapi jangan dibawa ke Indonesia. Sebagai youtuber yang sudah matang dan berpengalaman harusnya Ricis dapat memilah konten dengan baik dan memikirkan dampaknya kepada 16 juta followersnya, demikian yang Anisa utarakan sebagai perwakilan dari Garda Satwa

Ricis Memberi Sanggahan

Akhirnya setelah diberi peringatan dan teguran oleh Garda Satwa Ricis memberi sanggahan bahwasanya yang dia makan itu adalah bukan Gurita hidup dan dia telah mengonfirmasi hal itu kepada chef yang menyajikannya.

Hmmm…. tapi sepertinya Ricis mungkin hanya melakukan tindakan membela diri, sobat berseru boleh melihat daasran menilai sendiri di Youtubenya tentang makan Gurita, apakah itu Gurita masih hidup atau mati ya ? Hmm….. Penasaran kan ?

O ya lebih jauh lagi guys, memakan satwa hidup yang sebenarnya dilindungi ini, bisa menyebabkan kasus choking atau tersedak dan sudah banyak yang menjadi korbannya. Jadi sebaiknya jika kita tidak yakin, jangan mencontoh tindakan ini ya sobat berseru, tetap waspada, jika memang kamu terpaksa harus memakannya, saran mimin, kalau boleh dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil dulu agar kamu tetap nyaman dan terhindar dari risiko choking.

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *