Rahasia Umur Panjang Alm. Menteri Senior Cosmas Batubara

Share this Article

Share this Article

8 Agustus 2019, pukul 03:27 subuh, Indonesia kembali berduka atas kepergian Menteri Senior jaman PELITA, Cosmas Batubara. Seorang Ayah, Opung, Menteri, Doktor Politik, Rektor Universitas Podomoro itu telah berpulang dengan meninggalkan banyak teladan dan karya yang sangat besar bagi bangsa dan negara.

80 tahun 10 bulan adalah umur yang panjang dianugerahkan Tuhan kepada beliau, dan beliau tetap sehat bugar hingga di penghujung waktunya, serta masih ‘sharp’ dan kuat melakukan karya-karya besar. Umur 80 tahun yang tergolong jauh di atas rata-rata usia penduduk Indonesia, tidak didapat dengan begitu saja, tentunya ada banyak hal yang menjadi faktor pemberi umur panjang bagi manusia, selain faktor keturunan.

Mendiang yang lahir di desa Purbasaribu 80 tahun lalu, di masa hidupnya sempat berbagi tentang rahasia umur panjang nya.

“Saya sesungguhnya tidak memiliki resep khusus. Yang saya lakukan setiap hari hanyalah mengonsumsi makanan yang sesuai golongan darah ditambah olahraga teratur, tidur teratur dan beribadah,” jelas mantan Presiden Organisasi Buruh Internasional (ILO) itu.

Kompas Cetak 10 Agustus 2019

Rutin berjalan kaki

Rutin berjalankaki, menjadi kebiasaan yang sudah melekat sepanjang kehidupan beliau. Dan sudah tidak menjadi rahasia lagi, bahwa negara-negara maju dengan rentang usia harapan hidup yang tinggi pun, memiliki penduduk yang rata-rata rajin berjalan kaki dan olahraga ringan rutin.

Pola Makan sesuai Golongan Darah

Metabolisme yang sudah mulai menurun memaksa kita memang harus melakukan upaya ekstra, bahkan di luar dari Olahraga. Selain rutin berjalan kaki, mendiang Cosmas Batubara juga mengatakan bahwa beliau hanya mengonsumsi makanan yang sesuai golongan darahnya. Makan sesuai dengan golongan darah ini terbukti memang meringankan tubuh dalam tugas memetabolisme dan memberi peluang untuk proses metabolisme alami terjadi.

Istirahat Teratur

Duhhh.. sudah panjang dan banyak sekali sepertinya ya sobat berseru postingan dari kita yang sangat menganjurkan agar tetap istirahat teratur. Faktanya yang sering kita dengar adalah, Manusia akan lebih cepat meninggal ketika 7 hari tidak istirahat daripada 7 hari tidak makan. Itu adalah hasil penelitian. Tubuh kita sejatinya memiliki kemampuan me-recover tubuh atau menyembuhkan tubuh dari hal-hal yang kurang baik seperti sakit, baik yang dapat kita rasakan maupun tidak. Tubuh juga mampu secara alami melakukan detoksifikasi alami. Namun catatanya adalah, kita HARUS ISTIRAHAT agar proses pemulihan dan penyembuhan tersebut terjadi.

Rajin Ibadah

Percaya atau tidak percaya, sobat berseru, tubuh kita bukan hanya terdiri dari fisik, tapi juga jiwa dan ruh, Jiwa dan ruh ini harus kita berikan asupan energi yang baik juga untuk penyegaran sama halnya dengan fungsi makanan untuk memberi energi pada tubuh. Rajin beribadah memberi ketenangan dan perasaan teduh yang memberi mood baik sehingga proses produksi enzim yang baik untuk memulihkan kondisi yang kurang baik dan detoks radikal-radikal kurang baik pada tubuh dapat terjadi dengan lebih baik.

Nah sobat berseru, mumpung saat ini adalah masa akhir minggu, mari kita jaga ya life-balance, alias keseimbangan kesehatan tubuh kita ya.

Selamat jalan Bapak Menteri Cosmas Batubara. Tuhan menyertai.

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *