Minum Air Dingan atau Air Hangat yang lebih Sehat ?

Share this Article

Share this Article

Air sudah barang pasti menjadi asupan yang harus selalu dijaga dalam tubuh kita. Dinasehatkan bahwa minimum 4 liter sehari asupan air harus selalu kita suplai untuk tubuh kita agar dapat beroperasi dengan baik. Jika tidak, banyak sekali malfungsi yang akan terjadi pada tubuh kita. Gejala paling cepat terasakan ketika tubuh kekurangan air adalah bibir pecah-pecah, tenggorokan kering atau bahkan luka, sakit pinggang, serta banyak gejala lainnya akan semakin terlihat jika kondisi kekurangan asupan air ini berlangsung berkepanjangan.

Tapi, guys, setelah kita paham dan tahu bahwa air harus diasup sebanyak 4 liter sehari dalam tubuh, pernahkah kita bertanya, ketika kita mau minum air, yang sekarang sudah sering sekali disajikan lewat dispenser yang menyediakan 2 keran, mana yang lebih baik ? Minum air panas atau dingin ?

Sepanjang pencaharian dari tim berseru, mengenai hal ini, sebenarnya tidak ada alasan medis ataupun dasar kesehatan lainnya yang mengatakan secara langsung bahwa lebih sering meminum Air Panas adalah lebih baik daripada Air Dingin, atau sebaliknya. Namun yang dapat kita jadikan acuan adalah manfaat-manfaat yang didapat ketika kita minum air panas atau air dingin.

Manfaat Minum Air Dingin

  1. Menurunkan Berat Badan
    Loh kok bisa ? Ya, secara logika awam, meminum air dingin akan menurunkan suhu inti tubuh kita, dan hal ini membuat tubuh melakukan mekanisme normalisasi suhu tubuh ke kondisi semula dengan mengaktifkan proses pembakaran kalori secara alami. 70 kalori akan terbakar dan jika ditambahkan dengan kegiatan jalan kaki, maka kalori yang dibakar akan maksimal sehingga sangat mendukung dalam proses penurunan berat badan bagi yang sedang menjalaninya.
  2. Menghidrasi tubuh jauh lebih cepat.
    Pasca olahraga, suhu inti tubuh sudah pasti akan meningkat akibat pergerakan dan pembakaran kalor yang terjadi sebagai dampaknya. Meminum air dingin daripada hanya air dengan suhu kamar, terbukti lebih cepat menormalkan suhu inti tubuh yang dapat mempercepat proses pemulihan.
  3. Menurunkan Demam
    Mengenai hal ini sepertinya tidak ada masalah ya guys ? Air dingin sering dibuat sebagai kompres untuk menormalkan suhu tubuh yang panas akibat demam. Ada mitos yang mengatakan bahwa minum air dingin akan membuat demam semakin tinggi. Hal tersebut tidaklah benar, karena jika air dingin yang diminum memang steril maka air dingin ini akan memberi manfaat yang baik ketika kita demam.
  4. Melawan serangan gelombang panas.
    Tahun 2019 ini, adalah tahun dengan suhu tertinggi di Belanda dan sebagian area eropa lainnya sejak tahun 1944. Dikabarkan 400 orang telah meninggal dunia akibat serangan gelombang panas atau yang lebih sering disebut dengan Heat Stroke. Mandi air dingin dan minum air dingin menjadi hal yang sangat disarankan untuk tubuh kita di masa-masa serangan gelombang panas.

Manfaat Minum Air Panas

  1. Melancarkan pencernaan.
    Dinasehatkan dalam ajaran tradisional India dan China bahwa minum air hangat sebaik bangun pagi akan lebih cepat membangunkan proses-proses fisiologi tubuh termasuk pencernaan. Ini dapat membantu sekali dalam pencegahan gangguan pencernaan ya sobat berseru.
  2. Detoksifikasi
    Ada yang pernah dengar Lemon direndam dalam air panas, dikenal dengan Lemon Water Infuse ? Air panas membantu menyingkirkan hal yang kurang baik dari tubuh seperti toksik atau zat kurang baik lainnya. Ditambahkan dengan Lemon, atau madu yang sering sekali dikenal sebagai bahan pembuang racun, air panas dikenal memang sangat bermanfaat dalam proses detoksifikasi.
  3. Menghambat Penuaan
    Ini sebenarnya adalah dampak lanjutan dari detoks. Detoksifikasi yang baik selanjutnya akan membuat kerja tubuh menjadi lebih baik dalam merangsang sel-sel yang segar untuk tumbuh. Inilah yang menjadi pencetus anti penuaan yang dimaksud.
  4. Melegakan hidung tersumbat.
    Untuk yang sering pilek, dan mengalami hidung tersumbat selain minum air hangat dapat ditambahkan juga dengan sedikit mint atau lozenges, dapat memberi efek penguapan seperti yang terjadi pada alat nebulizer, untuk melegakan hidung tersumbat.
  5. Melancarkan peredaran darah
    Timbunan lemak dalam peredaran darah dapat dibantu untuk di-‘terabas’ dengan sering meminum air panas ya sobat berseru. Panas ini dapat mencairkan lemak yang menyumbat di aliran darah sehingga aliran darah dapat berjalan dengan lebih lancar sehingga proses pengaliran nutrisi, oksigen, serta banyak kandungan lainnya dapat berjalan dengan baik.
  6. Meredakan rasa sakit.
    Bagi para wanita yang sering kram ketika masa menstruasi, kompres air panas dan mengkonsumsi air panas dapat sedikit meringankan rasa sakit. Dan yang mengalami sedikit rasa nyeri di sendi, disarankan juga melakukan kompres air panas dan minum air panas ini.

Jadi, air dingin ? Atau Air Panas ?

Dengan membaca pemaparan dari tim berseru di atas, semoga sobat pembaca berseru sudah dapat menentukan, kapan harus minum air panas dan air dingin ya guys ? Keduanya sama-sama memiliki manfaat ketika diminum pada saat dan kondisi yang tepat.

Jangan lupa, minum air putih yang cukup, 4 liter sehari ya sobat berseru.

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *