Mengenal Bajakah, Obat Kanker PD dari Borneo

Share this Article

Setelah kabar membanggakan dari 2 srikandi tanah borneo yang berhasil memenangkan medali emas dalam lomba internasional di Seoul, Korea 25-27 Juli lalu, selanjutnya menjadi membuat orang banyak bertanya-tanya tentang apakah sebenarnya Akar Bajakah itu ?

Bajakah adalah sebuah tanaman khas tradisional masyarakat dayak. Tumbuh hanya di area hutan yang rimbun tak tembus cahaya, meski batangnya tebal dan besar namun tanaman ini tumbuh dengan merambat dari setinggi 5 meter hingga ke puncak pohon lain yang dirambatnya. (Kompas TV Aiman Show 12 Agustus 2019)

Asal Muasal

1970-1980, seorang warga suku Dayak bernama Pak Daldin di daerah Kabupaten Gunung Mas, mencari obat untuk kanker yang diderita ibunya. Mencari di kedalaman hutan rimbun Kalimantan, ia mendapati ada tumbuhan akar ini yang khas, dan sesampainya di rumah mencoba merebusnya untuk dikonsumsi ibunya. Ajaib dalam seminggu kanker yang diderita ibunya pun berangsur menghilang dan kondisi tubuhnya membaik. Kini Ibu Daldin sudah sehat walafiat dan Dokter mengatakan bahwa kanker yang dideritanya sudah total sembuh.

Daldin juga yang memberi nama akar ini, Akar Bajakah, dan hanya penduduk asli kalimantan yang mengetahui persis bentuk dan letak hutan habitat dari Bajakah ini.

Share this Article

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *