Kamu “Happy” apa gak ? Cek 7 alarm penandanya.

Share this Article

Rasa bahagia ternyata bukan hanya sebuah perasaan di pikiran, ada reaksi kimia yang terjadi di tubuh. Hormon hormon yang berperan seperti dopamin, serotonin, endorfin, progesteron, dsb.

Jika salah satu dari kadar hormon ini kurang, kemungkinan besar kita jadi ga happy.

Kalau oksitosin berkurang, mimik wajah, ucapan, dan mood akan mengarah ke tidak baik

Hormon ini hebatnya juga, secara bawah sadar bisa memprogram kita untuk melakukan hal tertentu untuk memenuhi kadar seimbang hormon ini dalam tubuh. Nah cek apakah 7 hal ini terjadi pada kamu

  1. Ngemil yang manis berlebihan.
    Makanan manis, bisa membuat kita bahagia. Meski hanya sesaat. Kekurangan hormon serotonin membuat kita jadi ga bahagia, nah makanan manis ini lah yang jadi pemberi asupan untuk serotonin kita.
  2. Mulai kurang empati.
    Empati ada kaitannya dengan oksitosin alias hormon cinta katanya. Ketika kita mulai susah empati, ini artinya oksitosin di tubuh berkurang. Kalau oksitosin berkurang, mimik wajah, ucapan, dan mood akan mengarah ke tidak baik dan menunjukkan sikap tidak empati.
  3. Nyeri di dada untuk wanita.
    Nyeri di dada bagi wanita adalah pertanda hormon estrogen berkurang. Ini biasanya terjadi saat mereka sedang periode menstruasi. Hati hati jangan diganggu ni para wanita kalau lagi kekurangan hormon ini.
  4. Berat badan naik drastis
    Loh… Bukannya kalau stress jadi susah makan ya ? Ternyata tidak. Dopamin yakni hormon senang yang banyak didapat di coklat, jika kadarnya kurang akan mengajak kita untuk sering makan dan makan dan makan.. Alhasil gendut.. Berat badan naik.
  5. Sakit kepala
    Pasti mikirnya langsung ke migren kan ? Nahhh benar sih.. Hehe.
    Progesteron yang kurang dapat menimbulkan rada sakit di kepala. Progesteron ini yang paling berperan ketika wanita mau lahiran. Mood wanita dijaga oleh kadar ini dan membuat mereka kuat dalam masa kehamilan. Tapi ini juga yang kakau kurang jadi bikin kita migren.
  6. Insomnia alias Susah Tidur.
    Serotonin sang hormon pembuat tenang dan pembuat nyenyak bobok ini akan terganggu asupannya ketika kita stress, depresi. Akibatnya, tidur pun susah, dan mood berantakan. Jangan mau stress ya rekan berseru. Faktanya kalau stress akan sudah tidur dan risiko kematian dan penyakit akibat kurang tidur jauh lebih tinggi dibanding akibat kurang makan.
  7. Gemetaran
    Kekurangan hormon dopamin yang banyak diperoleh dari coklat, bisa membuat kita gemetaran, atau melakukan gerakan di luar kendali. Meski juga dapat menandakan ada masalah saraf.

Nah itu 7 tanda alias signal yang aknan terjadi pada kita ketika kita ga bahagia. Apakah kamu bahagia ? Atau aoakah ada dari 7 signal di atas terjadi sama kamu ? Ayo jangan dimaui stress ya sobat berseru. Makan asupan yang bergizi, kaya akan nutrisi pembangkit hormon bahagia, supaya kamu kuat hadapi stressnya.
Coklat, kopi, kacang-kacangan, hazelnut, serat, buah, selain baik untuk tubuh tapi juga baik untuk pikiran kita yang kerjanya banyak dipengaruhi hormon.
Mari hidup sehat dan bahagia adalah hak kita.

Share this Article


Mengapa Pemain Bola Suka Pisang ? Jawabnya di Video ini !!!

Artikel Lainnya