Aturan Minum Yang Benar Saat Buka Puasa Dan Sahur

Share this Article

Share this Article

Haus, adalah keluhan yang biasa terlontar pada orang yang berpuasa. Terkadang, kamu bisa menahan lapar dibandingkan rasa haus. Tak heran, saat buka puasa tiba hal pertama yang kamu lakukan adalah minum. Entah itu meminum segelas air putih ataupun teh manis dsb.

Sebelum Anda menenggak minuman secara sembarangan, apakah kamu sudah tahu aturan minum saat sahur dan berbuka puasa? Berikut penjelasanya.

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup saat berpuasa. Air putih juga mampu mengatasi rasa haus Anda di jam puasa jika Anda mengetahui aturan minum air putih yang benar waktu berbuka puasa dan pada saat jam sahur.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Secara rata-rata, untuk wanita dewasa, disarankan untuk minum sekitar delapan gelas berukuran 200 ml per hari atau total 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau total 2 liter setiap hari.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, satu gelas pada saat jam berbuka puasa, satu gelas setelah ibadah shalat maghrib atau sebelum Anda shalat tarawih. Empat gelas bisa Anda sesuaikan waktunya dari setelah shalat tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat jam sahur, ini adalah aturan minum saat sahur dan berbuka puasa yang bisa memenuhi kebutuhan cairan Anda.

Sumber: MSN

Share this Article

Share this Article


Artikel Lainnya