Sepasang Kekasih Batal Nikah, Karena Persoalan Sepele

Share this Article

Pasangan Yendri Afriko dan Fitrilia sangat kecewa karena pembatalan pernikahan anaknya oleh Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Menurut informasi, sepasang kekasih ini sudah sesumbar bakal melangsungkan pernikahannya pada 25 Desember 2019 di Nagari Simpang Lama Inderapura, Kecamatan Pancung Soal

KUA membatalkan pernikahan lantaran persoalan NI/NA atau surat izin yang belum dikeluarkan oleh kenagarian setempat. Menanggapi itu semua keluarga menyepakati pembatalan itu.

Dari pembatalan itu, orang tua Yendri Afriko, Anhar merasa kecewa kepada Pemerintah Nagari, karena tak kunjung mengeluarkan syarat-syarat yang untuk kelangsungan pernikahanya.

Kekecewaan yang sangat mendalam dengan pihak KUA, karena telah menolak pernikahan anaknya.

Padahal Camat setempat sudah berkomunikasi untuk segera melangsungkan pernikahan yang sah menurut UU dan agama.

“Sanga kecewa kepada Pemerintah Nagari dan KUA, karena penolakan ini. Padahal anak saya sudah memenuhi persyaratan,” katanya yang dilansir dari Covesia.com.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Gendril Suardi menjelaskan, pihaknya tidak menolak tapi hanya menunda karena Wali Nagari belum mengeluarkan NI/NAnya.

“Kami tidak mengetahui persoalan Wali Nagari terkait NI/NA pasangan ini. Jika ada surat yang dimaksud Wali Nagari, pasti akan kita langsungkan pernikahanya,” katanya.

Pj Wali Nagari Simpang Lama, Syafril mengklaim bahwa benar pihaknya belum mengeluarkan NI/NA.

Karena kedua pasangan tidak memiliki surat keliling, meskipun tidak ada peraturan itu.

“Jujur saya tidak berani melanggar peraturan yang sudah disepakati, saya tidak mau mengambil resiko mengeluarkan NI/NA, nantinya saya di demo oleh mamak yang bersangkutan,” tutupnya.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *