Kisah Sri Mulyani ‘Rampas’ Uang Rp 1,2 Triliun dari PT Timor Putra Nasional

Share this Article

Mantan anak Presiden Soeharto, pengusaha nasional Tommy Soeharto mengerjakan proyek mobil nasional bernama Timor. Dengan badan usahanya dibentuk dibawah bendera PT Timor Putra Nasional (TPN).

Namun, belakang proyek yang digarapnya mengalami krisis moneter pada tahun 1997. Meski TPN dihentikan beroperasi, tapi proyek tersebut masih meninggalkan kewajiban utang pada pemerintah.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan, akhirnya bisa mengakhiri pelunasan utang tersebut.

Dilansir dari Setkab, terkait hal pelunasan utang, pemerintah berhasil mengamankan uang negara Rp 1,2 triliun dari rekening TPN yang telah diblokir di Bank Mandiri.

Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) memutuskan menolak dari upaya peninjauan kembali (PK) kedua yang telah diajukan oleh PT Timor Putra Nasional terkait kasus pemblokiran uang Rp 1,2 triliun di Bank Mandiri.

Informasi tersebut dimuat di website Mahkamah Agung, menyebutkan penolakan atas PK kedua PT Timor Putra Nasional kepada Bank Mandiri, serta tiga majelis hakim MA memutuskan hal itu pada 13 Desember 2017.

Tio Serepina Siahaan selaku Kepala Biro Advokasi Sekretariat Jenderal Kemenkeu menyambut baik keputusan dari Majelis Hakim PK Mahkamah Agung, bahkan bersyukur atas kemenangan tersebut.

“Kemenangan Pemerintah merupakan tingkat PK yang sudah melewati proses pembuktian dan argumentasi hukum dengan sangat jelas, kritis, dan tajam. Maka dari itu, kami sangat yakin bahwa dana tersebut adalah hak Pemerintah,” tutup Tio.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *