Yogurt Mampu Mengatasi Insomnia, Mitoskah?

Share this Article

Kesulitan tidur atau insomnia terjadi pada siapapun bahkan ada beragam tingkatan usia. Jika mengalami sesekali, biasanya tidak menimbulkan gangguan, namun, jika sering mengalami berhari-hari bahkan berbulan-bulan maka itu tandanya insomnia sangat parah bahkan menggangu kesehatan.

Insomnia bisa merembet ke bagian tubuh seperti menyebabkan rasa lelah dan lesu dipagi hari, mudah marah, depresi, kecemasan dan sulit konsentrasi. Insomnia pada akhirnya akan menggangu kesehatan jantung dan stroke.

Sebaiknya jika anda mengalami insomnia sangat parah, dianjurkan berkonsultasi dengan dokter. Namun, jika masih tergolongan ringan bisa diatasi dengan makanan yang bisa membantu tidur, salah satunya yakni yogurt.

Seperti yang diketahui, yogurt kaya akan trytophan sehingga baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Trytophan merupakan asam amino digunakan tubuh memproduksi serotonim dan melatonin, yakni senyawa kimia otak yang bisa memicu rasa kantuk dan rileks.

Kebanyakan orang minum susu sebelum tidur, namun yogurt ini tidak mengandung laktosa memudahkan mereka yang mengidap intoleransi laktosa, selain itu yogurt lebih mudah dicerna.

Lebih tepatnya mengombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein. Karena membantu membersihkan asam amino dari darah sekaligus membantu trytophan mencapai otak dengan efisien.

Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri sehat yang bisa membantu kesehatan pencernaan, sehingga mengonsumsinya sebelum tidur dapat membantu anda tidur nyenyak sekaligus mengurangi gejala masalah pencernaan seperti asam lambung yang disebabkan insomnia.

Namun, bila anda susah mendapatkan yogurt asli maka carilah yogurt dengan kandungan gula rendah. Supaya ada rasa-rasanya, anda bisa menambahkan buah tetapi sedikit saja karena buah mengandung kaya akan gula.

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *