Wow! Karya Bermodal Pisang dan Lakban, Terjual Rp 1,6 Miliar

Share this Article

Karya seni yang memiliki keunikan yang mampu menghebohkan publik, mungkin tidak terlalu terlihat istimewah. Sebuah pisang yang ditempel dengan lakban di dinding, tetapi bisa membuat karya instalasi ini menjadi perhatian publik.

Meski sederhana karena menggunakan buah pisang dan lakban, namun karya seni buatan seniman asal Itali, Maurizo, Cattelan, terjual dengan harga fantastis yakni seharga 120.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,682 miliar.

Karya milik seniman asal Itali ini diberi judul Komedian, yang terjual di Art Basel Miami Beach.

Art Basel adalah sebuah festival Internasional terkenal dalam menarik perhatian selebritis serta tokoh seni dunia. Dari sinilah, karya baru terlahir dengan inovatif, untuk festival ini diadakan di tiga kota yang berbeda, yakni Basel di Swiss, Miami Beach di Florida dan Hong Kong di Tiongkok, setiap tahun sekali.

Mengutip dari Odditycentral, karya seni instalasi itu dipamerkan oleh Emmanuel Perrotin di sebuah galeri di Paris yang memiliki hubungan dekat dengan Maurizo Cattelan.

Menurut Perrotin karya ini memiliki arti tersendiri, yang jika diartikan merupakan simbol perdagangan global tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor.

Perrotin mengklaim bahwa seniman itu bisa mengubah benda-benda umum yang mudah ditemukan dalam keseharian untuk menjadi wahana dari rasa senang sekaligus kritik. Ia mengaku bahwa Cattelan sudah memiliki ide karya pisang yang dilakban sejak setahun lalu.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *