Viral! Kambing Aneh, Terekam di Gunung Leuser

Share this Article

Baru-baru ini viral karena munculnya seekor hewan yang sangat langka, bahkan hampir orang tak bisa menghampirinya. Terekam oleh kamera pengintai di tengah hutan di ketinggian Gunung Leuser, Serows Sumatera atau kambing hutan Sumatera yang memiliki sebutan Capricornis sumatraensis dalam ilmiah.

Dilaporkan kambing hutan tersebut tertangkap kamera yang dipasang di Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Ada dua kambing sumatera, bentuknya sangat aneh dengan tubuh kekar serta ditutupi rambut lebat dan kasar yang berwarna hitam keabuan.

Meski terbilang aneh, kambing itu seperti pada umumnya. Tapi bedanya ia memiliki moncong mirip kerbau, bahkan tanduknya melengkung ke belakang mirip tanduk antelop.

Di Indonesia, kambing hutan Sumatera penyebarannya hanya berada di pulau Sumatera. Status konservasinya saat ini diyakini rentan atau Vulnerable (VU) karena mengalami penurunan yang signifikan–lebih dari 30 persen sejak 21 tahun terakhir– akibat perburuan maupun hilangnya habitat.

Bagaimana, sangat unik kan guys? Apalagi kambing ini langka! Jadi benar, Indonesia selain melimpahnya kekayaan alam juga memiliki hewan langka.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *