Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Bekerja di Rumah

Share this Article

Mengerjakan pekerjaan kantor di rumah ternyata memberikan dampak pada produktivitas hingga durasi pengerjaan.

Apalagi bisa dibilang dengan keterbatasan akses informasi serta informasi bahkan suasana rumah yang membuat kurang kondusif dalam pekerjaan. Sedangkan saat ini sedang adanya pembatasan fisik, dapat mengubah pola kerja untuk beberapa pekan kedepan.

Menurut psikologi, Ratih Ibrahim mengatakan sebagian orang jika bekerja dari rumah justru bisa menyenangkan, tapi tak semua orang seperti itu. Apalagi disamping itu gajih yang tetap dibayarkan, pekerjaan juga menghemat ongkos transportasi dan makan hingga suasana bekerja lebih tenang.

Tapi dari lebih santai justru bisa berpotensi bisa mempengaruhi pekerja yang tidak displin bahkan dapat menurunkan produktivitas. Nah, bagaimana hal itu bisa dihindari?

Apalagi media sosial dan portal hingga berita belakangan ini menjadi tidak efektif bila tidak dikerjakan secara mandiri dan displin, maka dari itu kita harus terapkan tanggung jawab agar profesional pada pekerjaan.

Menurut Ratih, dia yakin semua pekerja merupakan orang-orang yang sudah dewasa sehingga paham akan tanggung jawabnya dalam pekerjaan, termasuk kewajiban bekerja secara produktif serta menjaga performa, bagaimana pun sistem kerjanya.

“Jadi urusan motivasi itu ada pada diri kita bagaimana tanggung jawab diri sendiri, bukan orang lain maupun perusahaan. Cukup fokus saja dan tanggung jawab dengan profesional,” tuturnya.

Memang kedengarannya sangat berat, tapi bukan berarti tips ini tidak memberikan kemudahan pekerjaan jarak jauh. Ratih juga mengingatkan jika bekerja dari rumah itu bisa berdampak psikologis yang harus diperhatikan.

Suasana rumah memang beda dengan kantor, lebih santai dan nyaman kemungkinan bisa menyebabkan orang lupa diri untuk mengerjakan kewajibannya meski tidak di kantor.

“Mereka bisa menganggap sedang liburan sehingga malas dengan kesibukan pekerjaan sehingga merasa bosan dan tidak menunjukkan performa yang baik,” ujarnya.

Nah, banyak orang salah tangkap! Sebenarnya bekerja di rumah itu buan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Menurut laman Harvard Business Review, seharunya kamu bisa menjadwalkan dalam menyusun pekerjaan kantor, seperti halnya bekerja di kantor.

Nah, menghindari perasaan terisolasi ketika kerja di rumah, kamu bisa berkomunikasi membahas isu ringan dengan rekan kerja, teman, atau keluarga.

Memang sejujurnya sangat sulit dilakukan, tapi kamu harus paksa untuk menunjukkan apresiasi dengan dukungan emosional khusus, bahkan bisa saja secara mendadak kamu akan mengalami perubahan sistem kerja.

Nah, itulah tips yang bisa kamu contoh untuk tetap dalam produktivitas dalam bekerja dari rumah.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *