Ternyata Tidur Siang Tidak Mengakibatkan Berat Badan Naik, Tapi Kebiasaan ini…

Share this Article

Kerap kali kita tidak dapat menahan kantuk di siang hari, apalagi setelah makan siang dan cuaca yang nyaman.

Seperti saat ini dengan wabah Corona baru atau Covid-19 membuat kita work from home atau bekerja di rumah, memungkinkan kita bisa mencuri waktu untuk tidur sangat panjang.

Sangatlah wajar mengantuk disaat siang hari, karena adanya penurunan kewaspadaan alami dari jam 1 siang sampai 3 sore. Meluangkan waktu untuk tidur itu bisa meredakan kantuk serta meningkatkan kewaspadaan.

Tidur siang juga bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori jangka pendek, hingga suasana hati.

Selain itu bisa juga meningkatkan daya ingat, mengurangi tekanan darah tinggi, menenangkan saraf, mood, dan meningkatkan kinerja kerja yang baik dengan reaksi yang lebih cepat.

Mengutip dari laman Boldsky, tidur siang yang ideal yaitu selama 1,5 jam, itu merupakan siklus tidur yang normal. Selama waktu itu kamu akan tertidur nyenyak, karena selama tidur ringan itu bisa menyembuhkan mengantuk yang berat.

Tapi, jika tidur terlalu lama hingga 2 jam lebih nantinya kamu akan terbangun dengan perasaan lemas dan masih mengantuk. Bila kamu siap dengan itu, kamu dapat tidur sebentar selama 10 – 15 menit, untuk meningkatkan kewaspadaan, kinerja kognitif, serta suasana hati setelah terbangun.

Kamu juga harus tahu kalau tidur siang yang kuat itu bukan buat kamu segar kembali, lain jika tidur selama 10-15 menit ini tubuh tidak teratur tapi menyegarkan tubuh kamu. Tapi yang harus kamu ingat, kalau tidur siang setelah makan itu tidak bermanfaat melainkan bisa berbahaya bagi tubuh kamu.

Menurut pada ahli kesehatan, seseorang harus mengatur tidur setidaknya 1-2 jam jarak antara waktu makan dan tidur siang demi menghindari peningkatan berat badan. Karena selama waktu tidur tubuh bisa mencerna makanan dan membakar lemak, tanpa disimpan dalam tubuh, mengakibatkan kenaikan berat badan.

Nah, langkah tersebut bisa memaksimalkan tidur siang kamu, tap menganggu tidur di malam hari. Tidur siang antara jam 2 siang hingga 3 sore, itu merupakan saat energi tubuh kamu berada di titik rendah. Serta pastikan tidur siang jangan melebihi 20-30 menit, pilih tempat yang nyaman untuk membantu tidur.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *