Ternyata Telur, Dapat Memproteksi Tubuh dari Resistensi Insulin Loh!

Share this Article

Telur merupakan salah satu makanan yang bermanfaat untuk  tubuh. Apalagi telur mudah diperoleh serta dibutuhkan oleh tubuh untuk memberi sejumlah kesehatan yang luar biasa.

Dengan makan satu butir telur dalam seminggu, ternyata dapat terhindar dari risiko resistensi insulin. Temuan ini berdasarkan penelitian yang berjudul “Pengembangan Skor Risiko Resistensi Insulin Menggunakan Indikator Diet dan Non Diet: Sebuah Pendekatan Diabetes Mellitus Tipe 2.”

Staf pengajar UIN Syarif Hidayatullah, Febrianti menjelaskan bahwa rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi telur minimal satu butir dalam seminggu. Namun, ada juga yang mengkonsumsi telur seminggu sampai lima butir.

“Ternyata meski konsumsi telur satu maupun lima butir dalam seminggu, punya efek baik untuk menghindari resistensi insulin,” ujarnya.

Ketika saya ditanya oleh seseorang,” Apakah benar, semakin makan banyak telur itu semakin membaik, bisakah disimpulkan?

“Saya tidak bisa bilang, makan telur banyak itu baik. Sebab, makanan itu tidak berarti juga jika semain banyak dimakan justru semakin baik. Pasti ada batas-batasnya, seperti penelitian dari 231 partisipan berusia 29-66 tahun, makan sebutir hingga lima telur dalam seminggu itu terbukti dalam mencegah risiko resistensi insulin,” jawab Febrianti.

Resistensi insulin terjadi karena kondisi produksi insulin yang tidak efektif, karena kondisi resistensi insulin membuat lemak, otot dan sel-sel tidak merespons baik insulin.

Nantinya akan berdampak, glukosa tidak mudah menyerap ke sel-sel pankreas dari aliran darah. Akibatnya, tubuh tidak stabil dalam kebutuh insulin yang lebih tinggi untuk membantu glukosa masuk ke sel-sel di pankreas.

Telur merupakan makanan yang mempunyai ‘kekuatan ajaib’ sebagai pelindung untuk memproteksi tubuh dari resistensi insulin.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *