Ternyata Gagal Jantung Bisa Disembuhkan, Bukan Penyebab Kematian…

Share this Article

Sedikit harapan seseorang yang terkena penyakit gagal jantung berfikir, bisakah saya sembuh? Jawabannya bisa! Sebab para ilmuwan menemukan jika terapi implantasi sel induk dapat memperbaiki otot jantung yang terluka.

Sebelumnya penyembuhan melalui implantasi sel diklaim oleh para dokter tidak bisa dilakukan, sebab pada akhirnya mengandalkan transplantasi. Namun, sekarang perusahaan Celixir membuat sel yang dapat menyembuhkan gagal jantung.

Diketahui dari The Telegraph, sempat penelitian dilakukan terhadap 11 orang penderita penyakit jantung sangat parah lalu dioperasi pada November 2012 dan September 2013. Para pasien kemudian awalnya diduga tak bisa bertahan hidup hingga 24 bulan.

Kemudian saat bersamaan mereka juga menjalani terapi sel induk, hingga akhirnya dugaan tersebut bisa dilewati. Bahkan mereka yang diduga tidak bertahan 24 bulan sampai saat ini masih bertahan hidup dan menunjukkan tanda-tanda sembuh total.

Operasi dilakukan oleh profesor Steve Westaby dari Rumah Sakit John Radcliff, Britania Raya. Tak sendirian, ia dibantu oleh spesialis dari Yunani yaitu Kryiakos Anastasiadis.

“Pasien-pasien ini adalah penderita kegagalan jantung tahap ketiga yang diprediksi akan meninggal dunia dalam waktu dua tahun,” kata Westaby. “Mereka selalu kehabisan nafas, tidak bisa memakai sepatu karena kakinya bengkak.”

Sebenarnya orang-orang di luar sana salah menduga bahwa pasien Kegagalan jantung parah tidak bisa disembuhkan sehingga rentan meninggal dunia dibanding pengidap kanker. Namun, perkiraan itu sangat salah karena biasanya pasien meninggal dunia itu disebabkan oleh serangan jantung, bukan gagal jantung.

Pembuktian itu pernah dilakukan oleh Westaby yang sempat mengoperasi anak-anak penderita penyakit pada pembuluh koronernya setelah serangan jantung. Tapi saat itu ia menemukan sesuatu luka pada bagian otot jantung menghilang sembuh dengan sendirinya karena adanya beberapa sel induk pada anak tersebut.

Meski begitu, hal itu ternyata tak ditemukan pada pasien dewasa justru ilmuwan sebelumnya percaya bahwa menyuntikan sel ke jantung dapat menghasilkan efek yang hanya pada anak-anak. Tapi, semua itu tidak kunjung menghasilkan yang dilakukannya.

Kemudian sel baru akan diambil dari seorang donor serta disuntikkan ke bagian area yang rusak. Efek dari suntikkan itu adalah untuk meredakan inflamasi dan mendorong regenerasi.

Sumber

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *