Terkuak Diet Ketogenik, Bisa Perangi Virus Flu

Share this Article

Diet ketogenik merupakan pengurangan tinggi lemak dan rendah akan karbohidrat, hal tersebut ternyata bermanfaat bukan hanya menurunkan berat badan tapi bisa memerangi virus flu.

Menurut peneliti di Universitas Yale, mengklaim bahwa diet ketogenik bisa menjinakkan serta mampu memerangi virus flu.

Mengutip dari Science Daily, pernyataan itu terkuat lewat percobaan seekor tikus yang dijadikan uji coba dan diberi diet ketogenik, itu mampu memerangi virus flu daripada tikus yang makan makanan dengan tinggi karbohidrat.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa diet keto itu mengaktifkan subset sel T di paru-paru, sebelumnya memang tidak merespon sistem kekebalan tubuh terhadap influenza.

Disisi lain, bisa meningkatkan produksi lender dari sel saluran pernapasan yang bisa menjadi perangkap virus secara efektif.

“Ini merupakan penemupan tak tertuga sama sekali,” kata co-senior penulis Akiko Iwasaki, Profesor Immunobiologi Waldemar Von Zedtwitz dan Biologi Molekuler Seluler dan Perkembangan.

Mereka menguji coba dan menunjukkan bahwa tikus jika diberi diet ketogenik dan terinfeksi dengan virus influenza itu memiliki kehidupan yang lebih panjang daripada tikus diet dengan karbohidrat tinggi.

Lebih lanjutnya, para peneliti menemukan jika diet ketogenik dapat memicu pelepasan sel T gamma delta, sel sistem kekebalan yang dapat menghasilkan lender di lapisan sel paru-paru, sedangkan untuk diet karbohidrat tinggi tidak ada.

Sumber
Foto: google

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *