Singkong Sepanjang 2 Meter, Bikin Heboh Warga Depok

Share this Article

Keunikan yang tak lazim membuat heboh warga di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Warga di heboh dengan penampakan singkong yang memiliki panjang 2 meter. Sontak saja, singkong berukuran raksasa ini mampu menarik perhatian warga sekitar.

Dilansir dari Instagram Infodepok_id, pemilik singkong berukuran raksasa ini bernama Ahmad Mahrudin, ia menjelaskan bagaimana singkong tersebut berukuran raksasa.

Awalnya Mahrudin mencabut beberapa pohon singkong yang ditanamnya, dicabut terlebih dahulu. Beberapa pohon singkong disisakan untuk memagari jalan.

“Sebenarnya pohon singkong ini tanam, untuk memagari jalan. Namun, ada beberapa yang saya cabut dan ada pohon yang saya sisakan,” jelasnya.

Saat saya mencabut pohon singkong ini, Mahmudin mengaku tidak menyangka untuk mendapatkan singkong raksasa ini.

“Saya mencabutnya tidak ada pikiran bahwa singkong ini raksasa, ternyata saat dicabut singkong ini panjang dan berat,” ungkapnya.

Mahrudin juga mengingat bahwa pohon singkong raksasa itu ditanam sudah sekitar 2 tahun lalu.

“Sekitar 2 tahun lalu saya menanam pohon tersebut, jika di sini itu disebut singkong coklat yang panjangnya lebih dari 2 meter,” katanya.

Singkong raksasa telah menarik perhatian banyak warga sekitar, bahkan banyak warga yang ingin berfoto dengannya.

Tri Harjaka merupakan seorang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada, menjelaskan tentang fenomena singkong raksasa ini.

Tri mengklaim bahwa memang ada jenis singkong yang memiliki umbi memanjang.

“Memang ada beberapa jenis singkong, bahkan berpotensi memanjang, misalnya singkong gajah, gemblong, gathotkaca, dan trembesi,” kata Tri.

Menurutnya, singkong yang berukuran raksasa ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya sempat ada varietas singkong ditemukan dengan berat dan panjang lebih dari singkong pada umumnya.

Tri mengatakan jika singkong-singkong itu merupakan hasil budidaya kelompok tani maupun instansi tertentu, seperti varietas jenis singkong gajah, memiliki rata-rata tinggi mencapai 4,53 m.g.

Sumber
Foto: Instagram

Share this Article


Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *